News

Amerika siap kirim pakar berbagai bidang keilmuan ke Aceh

Rektor USK, Prof Marwan menerima kunjungan pejabat Konsulat Amerika Serikat di Ruang Rapat Mini Rektor USK, Banda Aceh, Senin (30/10/2023). Foto: USK

POPULARITAS.COM – Kedutaan Besar dan Konsulat Amerika Serikat siap menghadirkan para pakar dari berbagai bidang keilmuan untuk mendukung kegiatan akademik yang dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan dalam kunjungan pejabat Konsulat Amerika Serikat di Medan yang disambut oleh Rektor USK Prof Marwan di Ruang Rapat Mini Rektor, Banda Aceh, Senin (30/10/2023).

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Konsulat Amerika Serikat dipimpin oleh Bernard Uadan selaku Pejabat Utama, serta Public Engagement Lead Konsulat Amerika Rachma Jaurinata.

Rachma Jaurinata mengatakan, Konsulat Amerika memiliki berbagai program kemitraan termasuk yang bertujuan untuk mendukung peningkatan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah, Pemerintah Amerika bersedia mengirim para pakar atau ahli asal Negeri Paman Sam tersebut untuk berbagi pengalaman dan ilmunya bagi kampus-kampus di Indonesia, termasuk Aceh.

Untuk itulah, dalam kesempatan tersebut, Rachma menawarkan kepada USK untuk terlibat dalam program kemitraan seperti ini. Di mana USK cukup mengirimkan permohonan yang berisikan detail kegiatan dan kepakaran apa yang dibutuhkan untuk kegiatan akademiknya.

Selain mendatangkan langsung dari Amerika, Konsulat Amerika juga bersedia menghadirkan para ahli yang berada di sekitar Indonesia.

“USK tinggal mengirimkan usulan, pakar apa yang dibutuhkan? Kita senang sekali karena program seperti ini bisa memberi manfaat yang luas bagi pengembangan ilmu pengetahuan,” ucapnya.

Bernard Uadan mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk mempererat jalinan komunikasi antara Konsulat Amerika dengan USK. Dirinya mengakui, saat ini USK merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia dengan reputasi yang sangat baik.

“Kami senang sekali, karena ada banyak program kolaborasi yang bisa lakukan secara bersama. Hal ini bisa memperkuat hubungan Amerika dengan Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor menyampaikan terima kasih atas dukungan Konsulat Amerika tersebut. Dalam pertemuan itu, Rektor menjelaskan bahwa selama ini USK sudah banyak melakukan program kemitraan dengan Amerika. Baik itu beasiswa pendidikan, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta melakukan riset secara bersama.

Untuk itulah, Rektor mengatakan akan segera menindaklanjuti tawaran dari pihak Konsulat Amerika Serikat tersebut. Apalagi, pada akhir tahun depan USK melalui Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana (TDMRC) akan memperingati 20 tahun bencana gempa dan tsunami Aceh.

“Jadi ini momentumnya pas sekali, karena biasanya kita melakukan banyak kegiatan ilmiah untuk memperingati peristiwa tersebut. Kehadiran para pakar Amerika ini bisa semakin memperkuat upaya kita terhadap mitigasi bencana,” ucap Rektor.

Shares: