News

Anak Susah Lepas Dari Gadget?, Begini Tipsnya

Ilustrasi

(popularitas.com) – Haduh, akhir pekan kok anak makin parah ya main gadget-nyasampai nggak ingat waktu. Mungkin begitu pikiran dari banyak orang tua.

Padahal menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Clinical Psychological Science, anak yang menghabiskan waktu tiga jam lebih dalam sehari atau perangkat elektronik lainnya 34% lebih rentan mengalami masalah kesehatan mental.

Nah ini tips supaya anak lepas dari kecanduan gadget.

Buat prioritas

Orang tua harus tegas untuk mendisiplinkan anak. Buat aturan jelas seperti jam tidur siang, waktu bermain di luar rumah, dan waktu untuk mengerjakan PR. Termasuk juga soal waktu di depan layar.

Buat batas bermain

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan anak yang lebih tua dari enam tahun harus dibatasi 2 jam per hari atau kurang dari itu untuk bermain gadget.
Dapat juga mengaktifkan aplikasi yang bisa membantu orang tua mengontrol waktu bermain dengan mengunci ponsel anak pada waktu tertentu misalnya makan.

Kalau mereka menonton TV, beri aturan jam untuk mematikannya dalam beberapa waktu tertentu. Jadi anak pun nggak bisa berargumen lagi karena sudah ada kesepakatan sebelumnya.

Awalnya anak mungkin akan berontak dan marah-marah jika ia dibatasi bermain gadget. Namun Anda harus konsisten menjalankan aturan yang telah dibuat. Lama kelamaan anak akan terbiasa dengan aturan tersebut.

Lalu, tanamkan pemahaman sejak dini mengenai penyalahgunaan gadget dan risikonya. Orangtua dan anak harus memahami tentang apa saja hal-hal negatif yang mungkin muncul dari penggunaan gadget, seperti sexting, foto vulgar hingga soal kecanduan game, dan bagaimana cara menghindari atau mencegahnya.

Pentingnya Komunikasi

Jadilah teman bagi anak, bukan orangtua yang ditakuti sehingga anak enggan terbuka dengan Anda. Tekankan kepada anak untuk selalu mengkomunikasikan kepada orangtua jika ada hal-hal yang membuatnya tidak nyaman ketika menggunakan gadget. Sebaliknya, orangtua juga harus peka terhadap perubahan perilaku anak jika dirasa ada yang aneh.

Anak rewel merupakan salah satu pertanda bahwa ia mungkin bosan dengan aktivitasnya dan meminta perhatian. Jadi game di gadget adalah salah satu cara yang dianggapnya dapat menghibur. Untuk mengalihkan perhatian, cobalah ajak anak aktivitas outdoor. Misalnya berenang, main bola dan kegiatan fisik lainnya. Intinya, alihkan energi anak ke aktivitas fisik.

It’s Family Time

Buat waktu khusus, terlebih saat akhir pekan untuk bersama-sama berkumpul dengan keluarga. Secara kreatif orang tua bisa membuat boks ponsel di mana anak meletakkan ponsel dan gadget mereka di dalam boks selama waktu keluarga berlangsung.

Jangan biarkan ponsel masuk kamarnya

Ketika waktu mengisi daya baterai atau saat waktu tidur, orang tua harus tegas menyimpan ponsel anak di tangan mereka. Ini juga bisa menghindari terganggunya jadwal anak misalnya saat mengerjakan pr.

Sumber: Detik

Shares: