EkonomiNews

Anyaman Bili Droe bakal tampil di Inacraf Jakarta

Anyaman Bili Droe bakal tampil di Inacraf Jakarta
Sri Wahyuni sedang mengayam beraneka ragam produk Bilidroe di Desa Lampanah Tunong, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar. Rabu (29/6/2022). FOTO : popularitas.com/Riska Zulfira

POPULARITAS.COM – Anyaman produk yang berbahan dasar bemban asal Aceh Besar, akan kembali tampil pada event bergengsi nasional Inacraft di Jakarta awal Maret 2023 mendatang.

Karya seni bernama Bili Droe ini, sebelumnya telah berhasil meraih penghargaan The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Awards 2022 kategori Natural Fibers.

Anyaman garapan Ulfa Fithria bersama kelompok pengrajin dari Gampong Lampanah Tunong, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar tersebut termasuk dalam 25 anggota binaan Dekranasda Aceh Besar.

“Bilie Droe dipercaya kembali untuk mengikuti ajang Inacraft tahun, Terima kasih atas kepercayaan pemerintah dan Dekranasda Aceh Besar,” kata Ulfa, Senin (27/2/2023).

Kata Ulfa, Bili Droe pernah meraih penghargaan nasional tahun lalu kategori Natural Vibers, di mana menunjukkan anyaman bilie natural tanpa modifikasi.

Namun untuk tahun ini, lanjut Ulfa, pihaknya akan mencoba menampilkan anyaman Bili Droe dengan tampilan berbeda.

“Tahun lalu kita meraih awards kategori Natural Fibers, semoga tahun ini juga dapat menarik perhatian tim penilai dan pengunjung Inacraft pada kategori lainnya,” ujar Ulfa.

Ulfa mengaku menganyam telah menjadi salah satu warisan dari orang tua dahulu, dan menjadi turun-temurun hingga saat ini oleh masyarakat setempat, namun kondisi saat ini harus dimodifikasi dan berinovasi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pasar.

“Bilie Droe berkat bimbingan dan dukungan berbagai pihak telah mampu berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar,” imbuhnya.

Ulfa berharap, produk Bili Droe ini dapat semakin dicintai dan semakin dikenal hingga kancah nasional.

“Kami memohon doa dan dukungan masyarakat Aceh dan khususnya masyarakat Aceh Besar agar Bilie Droe semakin dicintai dan dapat membawa harum nama daerah dikancah Nasional,” harap Ulfa.

Shares: