News

Arif Darwisyi lolos program ke Australia

Arif Darwisyi lolos program ke Australia
Mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Arif Darwisyi mengikuti Program Northern Territory Indonesian (NTI) 360 di Australia. Foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Arif Darwisyi, mahasiswa Jurusan Peternakan Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil terpilih mengikuti Program Northern Territory Indonesian (NTI) 360 di Australia.

Program ini dilaksanakan sejak tahun 2012, sebagai hasil kerjasama antara Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI), Northern Territory Cattlemen’s Association (NTCA), dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Program ini berlangsung selama 10 minggu mulai tanggal 15 Agustus – 25 Oktober 2023, atau tiga bulan di Darwin, Australia. Para mahasiswa yang terpilih mengikuti pelatihan praktis terakreditasi dan pembelajaran langsung di industri perusahaan peternakan sapi.

“Saya mengikuti seleksi di tingkat jurusan dan nasional sehingga bisa terpilih bersama 20 orang mahasiswa dari 16 perguruan tinggi di Indonesia yang diumumkan pada tanggal 24 Juli 2023,” kata Arif, Selasa (3/10/2023).

Dia menambahkan bahwa dalam mendukung program ini, telah dilakukan pelatihan pada tanggal 2 – 6 Agustus 2023 di Tasikmalaya, selanjutnya pemberangkatan ke Darwin, Australia melalui Bali pada tanggal 15 Agustus 2023 yang lalu. Pihak NTCA menanggung semua biaya perjalanan, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti program ini.

“Melalui program ini kita berharap para mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman serta pengembangan hubungan budaya antara industri sapi potong di Indonesia dan Australia,” sebut Ketua Jurusan Peternakan USK, Prof. Dr. Eka Meutia Sari, M.Sc.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Arif Darwisyi adalah salah satu mahasiswa berprestasi di Jurusan Peternakan USK, dan saat ini sedang melakukan penelitian untuk penyusunan skripsi.

Dari penelusuran prestasi akademik, Arif Darwisyi, pernah menjadi Finalis Agam Inong Kota Banda Aceh (2020), Duta Kampus Berbakat USK (2022), Juara 1 KDMI tingkat Fakultas Pertanian USK (2022), dan peraih Beasiswa Prestasi Rumah Amal USK (2021).

Sedangkan kompetisi ilmiah di tingkat nasional internasional tercatat pernah meraih Juara 3 National Business Plan Competition (2021), Gold Medal & Special Award World Science Environment Engineering Competition (2021).

Disamping itu, Arif juga pernah terpilih menjadi peserta Internship selama 4 bulan di PT Freeport Indonesia, Kab. Mimika, Papua pada Divisi Environmental (2023) dan menjadi Brand Ambassador PT Pegadaian (2022). Selain berprestasi Arif Darwisyi juga aktif di berbagai organisasi intra dan ekstra kampus.

Shares: