KesehatanNews

Aturan Minum Madu agar Bermanfaat Untuk Kesehatan

Ilustrasi, Madu. (net)

(popularitas.com) – Madu merupakan cairan alami yang kaya manfaat. Madu dapat diminum setiap hari, tapi tak boleh berlebihan karena tinggi gula. Berikut aturan minum madu agar bermanfaat untuk kesehatan.

Madu kaya akan segudang manfaat. Cairan yang dihasilkan lebah dari nektar bunga ini dapat digunakan untuk menyembuhkan luka, mengobati pencernaan, mencegah asam lambung, melawan infeksi, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Berikut aturan minum madu agar bermanfaat untuk kesehatan.

1. Madu terbaik

Pilih-lah madu terbaik yakni madu murni, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan gula. Madu murni adalah madu yang bersumber langsung dari lebah baik dari hutan maupun yang diternak, tanpa dicampurkan bahan lain.

Madu murni memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Namun, saat sudah dicampurkan dengan gula atau bahan lain, khasiat madu bakal berkurang.

2. Takaran madu yang tepat

Dikutip dari Dabur Honey, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi 50 gram madu setiap hari dengan air hangat di pagi hari. Takaran ini membantu membersihkan sistem pencernaan dan menyediakan energi di pagi hari.

Selain itu, 1 sdm madu juga bisa ditambahkan ke dalam makanan seperti buah-buahan, roti, atau sebagai pengganti gula. Menurut USDA, 1 sdm madu mengandung 64 kalori dan 17,3 gram gula. Pastikan asupan madu tidak melebihi kalori dan gula harian.

Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi gula 10 persen dari total energi atau sekitar 200 kkal setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram gula per hari.

3. Waktu terbaik konsumsi madu

Ahli nutrisi menyarankan mengonsumsi madu di pagi hari saat perut kosong karena dapat membantu pencernaan dan juga memberikan energi.

Sementara itu, konsumsi madu di malam hari dapat membantu tidur nyenyak, membuat tubuh rileks, dan menjaga sistem pencernaan.

Sumber: CNN

Shares: