NewsTeknologi

Awas Anda Terlacak! Apakah Aplikasi Ini Sering Digunakan?

POPULARITAS.COM – Periset telah menemukan perangkat lunak pelacakan tersembunyi di lebih dari 300 aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Penelitian ini terutama difokuskan pada Google Play Store, namun banyak aplikasi yang menyinggung juga tersedia di iOS, yang memimpin tim penyusun untuk percaya pelacak tersembunyi ini hadir pada versi iPhone dari aplikasi juga.

Periset yang bertindak dengan organisasi nirlaba Prancis bernama Exodus Privacy, telah menemukan lebih dari 44 pelacak berbeda disematkan di lebih dari 300 aplikasi.

Aplikasi seperti Uber, Tinder, Spotify, Twitter dan Snapchat, semuanya dikonfirmasi untuk memiliki perangkat lunak pengawasan tersembunyi yang berjalan di latar belakang.

PayPal, Wells Fargo, American Express, Discover, Aetna, WebMD juga telah ditemukan menjalankan aplikasi pelacakan.

Perangkat lunak pelacakan terutama digunakan untuk membuat iklan bertarget dengan mencatat perilaku pengguna dan data lokasi, meskipun pengguna telah menonaktifkan izin untuk aplikasi tersebut.

Perlu dicatat bahwa tidak semua pelacak berbahaya, seperti yang ditemukan di ProtonMail, Twitter dan Telegram, misalnya digunakan hanya untuk memantau mengapa aplikasi mogok.

Namun, sebagian besar pelacak telah terbukti mengumpulkan data pengguna mereka.

Pada Black Friday 2017, Yale Privacy Lab merilis temuannya pada 25 dari 44 pelacak yang terlibat.

Pelacak yang ditemukan di Uber dan aplikasi ride-sharing Lyft, ditemukan untuk menjalankan Tune: pelacak yang berhasil mengumpulkan data dari penggunanya meskipun mereka sedang offline.

Perangkat lunak pelacakan tersembunyi juga ditemukan di aplikasi pelacakan cuaca, seperti AccuWeather dan The Weather Channel.

Sebagian besar, pelacak memperoleh data demi membuat profil pengguna yang lebih akurat untuk iklan yang ditargetkan, namun beberapa pelacak dapat digunakan dengan tujuan yang lebih jahat.

Banyak aplikasi VPN, seperti NordVPN dan CyberGhost, menggunakan pelacak yang mengumpulkan data anonim pengguna mereka dan membagikan data tersebut dengan pihak ketiga.

VPN TunnelBear tampaknya tidak menjalankan aplikasi pelacak.

Sementara beberapa aplikasi mengungkapkan fakta bahwa mereka akan menjalankan dalam Fine Print Syarat dan Ketentuan, saat mengunduh aplikasi, tapi beberapa diantaranya tidak.

Kelompok konsumen juga mencatat bahwa informasi ini biasanya dikubur dalam halaman bahasa yang legal, dan gerak bahwa informasi tersebut harus dibuat lebih mudah, tersedia bagi mereka yang memilih untuk mengunduh aplikasi.

Jika Anda khawatir dengan data yang dipamerkan kepada pengembang aplikasi yang diunduh, mungkin ingin mempertimbangkan untuk hanya menyimpan aplikasi yang digunakan secara aktif di ponsel cerdas Anda.

Hapus aplikasi yang tidak digunakan, dengan cara itu mereka tidak dapat melacak data Anda. Anda juga harus selalu menyadari hak akses yang digunakan saat memasangnya di ponsel.

Dalam siaran pers yang diterbitkan setelah penemuan ini dibuat, Yale Privacy Lab menyatakan bahwa hasil penelitian tersebut menunjukkan perlunya peningkatan transparansi dalam praktik privasi dan keamanan yang berkaitan dengan pelacak ini.

“[Pengguna] berhak mendapatkan rantai pengembangan perangkat lunak, distribusi, dan pemasangan yang terpercaya yang tidak menyertakan kode pihak ketiga yang tidak diketahui atau ditutupi,” tulis laporan tersebut. [acl]

Sumber : suara.com

Shares: