NewsPolitik

Bahas Tahapan Pilkada, KIP Aceh Lakukan Rapat Koordinasi

 POPULARITAS.com – Komisi Independen Pemilihan ( KIP) Aceh, hari ini melakukan rapat  koordinasi finalisasi penetapan program, jadwal dan pilkada Aceh serentak tahun 2022 dengan KIP kabupaten Kota untuk membahas penetapan Tahapan Pilkada Aceh. Hingga sore ini KIP Aceh Masih Mendengar Masukan KIP Kabupaten/Kota terkait pelaksanaan tahapan pilkada serentak 2022.

“Kita masih mendengar masukan dari KIP kabupaten/kota, hasil dari rapat ini akan disusun tahapan setelah itu baru kita plenokan dan hasil pleno nantinya kita sampaikan ke DPRA ” Jelas Munawarsyah Komisioner KIP Aceh Devisi Teknik Penyelenggaraan Pemilu, Munawarsyah, di Kantor KIP Aceh, Selasa (19/1/2021).

Munawarsyah juga mengatakan, hingga saat ini pihak KIP Aceh belum menerima surat balasan dari KPU Pusat dan Kemendagri tentang jadwal pilkada Aceh.  pihaknya masih menunggu jawaban dari pusat terkait pelaksanaan Pilkada Aceh tahun 2022.

“Setelah ini, nanti kita plenokan baru kita sampaikan ke Komisi I DPRA,” ucapnya.

Lanjutnya, sebelumnya DPRA dan Pemerintah Aceh akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat. Namun karena KIP Aceh belum menentukan pleno tahapan pilkada, koordinasi tersebut terpaksa ditunda.

“Setelah kita sampaikan hasil pleno tahapan pilkada kita, nanti DPRA akan segera melakukan koordinasi dengan Kemendagri dan Komisi II DPR RI,” ungkapnya.

Sebelumnya hal serupa juga dikatakan oleh anggota Komisi I DPRA, Fuadri, terkait pelaksanaan pilkada Aceh tahun 2022, ia mengatakan saat ini pihaknya tengah menunggu hasil pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh tentang tahapan pilkada.

Kata Fuadri, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi II DPR RI dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bahas teknis pilkada serentak Aceh 2022.

“Kita menunggu hasil pleno KIP Aceh tentang tahapan Pilkada Aceh dalam minggu ini. Setelah itu DPRA akan Kordinasi dengan Kemendagri, Komisi II DPR RI dan KPU RI untuk bicarakan teknis,” kata Fuadri

Shares: