News

Baitul Mal Sabang salurkan zakat kepada 5.465 fakir miskin

Baitul Mal Kota Sabang, salurkan zakat kepada 5.464 fakir miskin di daerah itu. Penyaluran tersebut berlangsung di Aula Lantai IV Kantor Walikota, Senin (28/3/2022).
Baitul Mal Sabang salurkan zakat kepada 5.465 fakir miskin
Walikota Sabang, Nazaruddin, saat menyerahkan secara sombolis zakat yang dikumpulkan oleh Baitul Mal dari muzzaki. Acara penyerahan zakat itu berlangsung di Aula Kantor Walikota Sabang, Senin (28/3022). FOTO : Humas Sabang

POPULARITAS.COM – Baitul Mal Kota Sabang, salurkan zakat kepada 5.464 fakir miskin di daerah itu. Penyaluran tersebut berlangsung di Aula Lantai IV Kantor Walikota, Senin (28/3/2022).

Walikota Sabang, Nazaruddin yang hadir secara langsung dalam acara pembagian zakat itu mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada para muzzaki atau wajib zakat yang telah menyalurkan kewajibannya melalui Batul Mal.

Kepercayaan muzzaki yang menyerahkan zakatnya kepada Baitul Mal, dibuktikan dengan pembagian zakat yang hari ini kita laksanakan. “Sebagai walikota, saya mengucapkan terimakasih kepada para muzzaki di daerah ini,” katanya.

Menurutnya, memasuki bulan suci ramadhan, zakat menjadi salah satu cara untuk saling berbagi dengan orang-orang  di sekitar yang kurang mampu, sehingga dapat meringankan dan membantu mereka dalam menjalankan ibadah puasa.

“Semoga zakat ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dan secara pribadi Saya berharap kepada Baitul Mal Kota Sabang yang merupakan organisasi pemerintah pengelola zakat, agar penyaluran zakat ini tepat sasaran dan benar-benar disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya,” harap Tgk. Agam.

.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Kota Sabang, Zulhilmi MY. S.Ag menjelaskan total keseluruhan pendapatan zakat masa haul 2021, penyaluran tahun 2022 mencapai Rp.2.045.916.522 untuk ketujuh senif, yakni senif Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Gharim, Fisabilillah dan Ibnu Sabil. 

“Untuk senif fakir dan miskin yang disalurkan hari ini mencapai Rp. 1.341.020.000. Sementara untuk nominal yang dibagikan, senif fakir per KK akan di berikan sebesar Rp. 300 ribu dan Rp. 130 ribu per tanggungan. Sedangkan senif miskin per KK diberikan sebesar Rp. 110 ribu dan Rp. 30 ribu per tanggungannya. Secara total keseluruhan zakat yang disalurkan sebesar Rp.2.045.916.522,” jelas Zulhilmi.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: