News

Bandara SIM Waspadai Masuknya Virus Corona

Bandara Sultan Iskandar Muda. (foto: Airmagz)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar telah mengantisipasi virus yang menjadi penyebab penyakit corona Wuhan, sejak bulan ini.

Deteksi awal diantaranya di pintu masuk bandara melalui alat pendeteksi suhu panas tubuh (thermal scanner). Kepala KKP Wilayah Kerja Bandara Sultan Iskandar Muda, Pattimura, mengatakan hingga saat ini, belum ada penumpang yang terdeteksi terinfeksi virus corona dan pihaknya akan terus mengawasi.

Baca: Takut Terinfeksi Virus Corona, 15 Mahasiswa Aceh di Wuhan Enggan Keluar Ruangan

Pihaknya lebih memfokuskan untuk memantau suhu tubuh penumpang, yang turun dari di pintu kedatangan internasional.

“KKP lebih meningkatakan kewaspadaan, ini uda SOP. Sejauh ini, belum ada terdapat penumpang yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat, yang menjadi gejala awal virus corona,” kata Pattimura di Bandara SIM, Aceh Besar, Jumat, 24 Januari 2020.

Baca: Jumlah Korban Meninggal Akibat Virus Corona di China Capai 17 Orang

Jika ada penumpang yang dicurigai terinfeksi, kata dia akan langsung mendapatkan penanganan kesehatan dan kalau perlu dirujuk ke fasilitas kesehatan yang ada di wilayah Banda Aceh, di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin.

“Jika ada yang dicurigai akan kita tangani. Selama ini hasil monitoring tidak ada. Jalur Internasional kita hanya dari Kuala Lumpur,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya akan terus memantau setiap penumpang yang turun dari pesawat, khususnya yang datang dari Luar Negeri, untuk mencegah virus corona menyebar ke Aceh. (DRA)

Shares: