Bansos bagi pelaku UMKM di Pidie Jaya sudah disalurkan

POPULARITAS.COM – Bantuan sosial (Bansos) tahun 2022 bagi para pelaku UMKM di Pidie Jaya telah disalurkan. Untuk tahun tersebut, sebanyak 27 kelompok maupun perorangan telah mendapatkannya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pidie Jaya Rizal Fikar, Selasa (27/3/2023) mengatakan, keseluruhan bansos bagi para pelaku UMKM itu telah diserah terimakan dan tuntas pembagiannya seja 2022 lalu.

Secara aturan, katanya lagi, nama-nama pelaku usaha, baik perorangan dan kelompok harus terlebih dahulu disahkan melalui surat keputusan (SK) bupati. Nah, berdasarkan hal tersebutlah kemudian pihaknya melaksanakan penyaluran bansos.

Adapun bansos yang diberikan Pemkab Pidie Jaya kepada para pelaku UMKM di daerah itu, mencakup beberapa aspek kebutuhan, seperti barang, peralatan kerja, mesin, dan juga lainnya, kata Rizal Fikar.

Langkah Pemkab Pidie Jaya menyalurkan Bansos bagi para pelaku UMKM, dimaksudkan guna ringankan beban pengeluaran pengusaha mikro itu. Sehingga dapat meningkatkan kapasitas produksi, dan membantu tingkatkan pendapatannya.

Pemkab Pidie Jaya sendiri, sambungnya lagi, terus berkomitmen untuk mendorong tumbuh kembangnya perekonomian daerah melalui peningkatan kapasitas para pelaku UMKM di daerah ini.

Selain itu tambah Rizal Fikar, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pidie Jaya sudah melakukan penginputan data pelaku UMKM dan IKM Sistem Informasi Kredit Pogram (SIKP) webdite Kementerian Keuangan.

“Sekitar 2.700 UMKM sudah diinput ke SIKP. Keunggulan terdata di SIKP ini memudahkan pelaku usaha¬† dalam hal perbankan,” jelasnya.

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

#trending

Berita Terbaru