NewsSepakbola

Barito Putera tundukkan Persebaya Surabaya 2-1

Arsip - Pesepak bola Barito Putera Renan Alves (tiga kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Persita pada pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (24/12/2022). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.

POPULARITAS.COM – Barito Putera menundukkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-1 pada pekan ke-29 Liga 1 Indonesia di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kamis (9/3/2023).

Pada pertandingan ini kemenangan Barito Putera hadir berkat gol dari Yuswanto Aditya dan Renan Alves, sedangkan Persebaya Surabaya sempat membalas melalui Ahmad Nufiandani, demikian catatan Liga Indonesia.

Kemenangan ini belum bisa membuat Barito Putera beranjak dari posisi ke-17 Liga 1 Indonesia dengan torehan 28 poin dari 28 laga, sedangkan Persebaya Surabaya masih berada di posisi ke-8 dengan raihan 38 poin dari 26 pertandingan.

Pada babak pertama Persebaya Surabaya mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun kerap gagal menembus lini pertahanan Barito Putera.

Barito Putera mampu unggul lebih dulu pada menit ke-33 melalui gol yang dicetak oleh Yuswanto Aditya setelah memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Persebaya mengantisipasi situasi sepak pojok sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Aji Santoso langsung bereaksi dan memberikan ancaman setelah Arief Catur Pamungkas memanfaatkan bola muntahan tendangan Sho Yamamoto, namun upaya bek sayap tersebut masih melambung di atas mistar gawang. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua Persebaya kembali mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu menyamakan kedudukan ketika Ahmad Nufiandani membobol gawang Barito Putera setelah memanfaatkan umpan Sho Yamamoto sehingga skor berubah menjadi 1-1 pada menit 53.

Barito Putera merespon dan hampir kembali unggul ketika penyerang Eksel Timothy mampu melakukan sundulan di kotak penalti Persebaya, namun bola masih menyamping dari gawang Ernando Ari.

Skuad asuhan Rahmad Darmawan berhasil kembali berbalik unggul pada menit ke-80 ketika umpan silang Rizky Pora mampu disambut oleh kepala Renan Alves yang dikonversikan gol sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Pada sisa waktu babak kedua, Persebaya berupaya terus untuk mencari gol penyeimbang, namun hingga peluit panjang berbunyi skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah tetap bertahan.

Selanjutnya Barito Putera akan bertandang ke markas Dewa United pada pekan ke-30 Liga 1 Indonesia, Selasa (14/3), sedangkan Persebaya Surabaya akan menjamu Persib Bandung, sehari sebelumnya. (ant)

Shares: