News

Basarnas Banda Aceh bergerak ke Aceh Barat untuk evakuasi imigran Rohingya

Basarnas Banda Aceh bergerak ke Aceh Barat untuk evakuasi imigran Rohingya
Tim SAR gabungan bergerak menuju ke perairan Aceh Barat untuk mengevakuasi imigran Rohingya, Rabu (20/3/2024). FOTO : Basarnas Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Tim SAR gabungan mulai berlayar menuju ke perairan Aceh Barat tepatnya di lokasi karamnya kapal Rohingya, Rabu (20/3/2024).

Dengan menggunakan KN SAR Kresna 232 yang dinahkodai Kapten Supriyadi, tim berangkat sekitar pukul 18.45 WIB tadi.

Proses evakuasi ini dilakukan setelah pihaknya menerima informasi dari Panglima Laot setempat tentang adanya kapal Rohingya yang karam.

Di mana, puluhan etnis Rohingya terdiri dari anak-anak dan orang dewasa diketahui masih mengapung dan berusaha menyelamatkan diri di lambung kapal yang terbalik.

“Menurut perhitungan dari jarak dan kecepatan kapal kita diperkirakan tim akan tiba di lokasi enam jam kemudian,” ujar Kasi Ops Basarnas Banda Aceh, Fathur.

Para imigran gelap itu, rencananya dievakuasi dari lokasi kapal karam dan didaratkan ke dua wilayah alternatif.

“Ada dua pilihan alternatif menyesuaikan kondisi lapangan, yakni Meulaboh, Aceh Barat atau Calang, Aceh Jaya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, nelayan Aceh Barat menemukan adanya kapal Rohingya yang karam sekitar pukul 09.00 WIB.

Diketahui, ada puluhan imigran Rohingya yang masih mengapung di lambung kapal, sementara beberapa orang dilaporkan telah meninggal karena tenggelam.

“Enam pengungsi terdiri dari empat perempuan dan dua laki-laki sudah dievakuasi ke darat tepatnya di Kantor Camat Samatiga,” ujar Panglima Laot Aceh Barat, Amiruddin.

Shares: