News

Basarnas Evakuasi ABK Kapal Tanker Berbendera Denmark di Selat Benggala

Basarnas Evakuasi ABK Kapal Tanker Berbendera Denmark di Selat Benggala. (ist)

POPULARITAS.COM – Basarnas Banda Aceh melakukan evakuasi satu ABK kapal tanker berbendera Denmark di Perairan Selat Benggala pada Selasa (27/4/2021).

Usai dievakuasi, ABK tersebut dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh melalui Pelabuhan Ulee Lheue.

Kepala Kantor SAR Banda Aceh, Budiono mengatakan, ABK bernama Alexander Melnik (31), warga Rusia tersebut dievakuasi karena mengalami sakit parah.

“ABK tersebut sakit parah di bagian perut bawah sebelah kanan,” kata Budiono dalam keterangannya kepada wartawan.

Budiono menjelaskan, kapal tanker bernama MT Hulda Mearsk itu awalnya berlayar dengan rute Port Klang Malaysia menuju Terusan Zues.

“Tadi malam pukul 20.00 WIB Basarnas Banda Aceh menerima info dari Capt Kapal Mr Valery Basov (via email) tentang satu orang crew Kapal  MT Hulda Mearsk yang sakit dan membutuhkan evakuasi medis,” ujarnya.

Dari laporan itu, kata Budiono, pada pukul 07.20 WIB tim rescue Basarnas Banda Aceh beserta unsur lainnya bergerak menuju titik evakuasi dengan menggunakan 2 unit RIB. Pada pukul 09.53 WIB, tim rescue tiba di titik evakuasi dan melakukan evakuasi korban.

“Pukul 10.45 WIB tim tiba di Dermaga Ulee Lheu dan selanjutnya korban dibawa ke RS Zainal Abidin untuk tindakan lebih lanjut,” ujar Budiono.

Editor: dani

Shares: