News

BBMKG catat 19 gempa bumi di Aceh-Sumut pekan kedua Februari 2022

Pusat Gempa Regional (PGR) I, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat ada 19 gempa bumi yang terjadi di Sumatera dan Aceh pada pekan kedua Februari 2021.
Gempa susulan M5,2 guncang wilayah Laut Banda
Ilustrasi gempa, Foto; detik.com

POPULARITAS.COM – Pusat Gempa Regional (PGR) I, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat ada 19 gempa bumi yang terjadi di Sumatera dan Aceh pada pekan kedua Februari 2021.

“Hasil monitoring kegempaan di wilayah Sumatera Utara dan Aceh, menggambarkan terjadi penurunan aktivitas kegempaan pada pekan ini di banding pekan lalu yang mencapai 40 kejadian,” kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Darmawan, dikutip dari Antara, Sabtu (12/2/2022).

Ia menjelaskan di pekan kedua Februari 2022 kegempaan di wilayah Aceh dan Sumut bersumber dari aktivitas segmen Sesar Sumatera dan sebagian lagi tersebar di beberapa wilayah subduksi.

“Berdasarkan kekuatan, gempa yang terjadi semuanya di bawah magnitudo 4.0,” kata Darmawan.

Sementara analisis BBMKG Wilayah I Medan, Marzuki Sinambela menjelaskan gempa yang terjadi pada pekan kedua atau periode 4 hingga 10 Februari 2022 di Sumut dan Aceh, dominan terjadi di darat sebanyak 11 kejadian dan di laut 8 kejadian.

Untuk kedalaman gempa yang terjadi selama sepekan ini cukup dangkal (di bawah 60 km) sebanyak 15 kejadian dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak 4 kejadian, sebutnya.

“Tidak tercatat gempa yang signifikan dan dirasakan oleh masyarakat selama sepekan ini,” katanya.

BMKG tetap ingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan tidak perlu panik. Tetap merespon dengan cepat informasi BMKG, menjaga jarak bila kondisi gempa signifikan terjadi di era pandemik.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Shares: