News

Belasan jurnalis kirim surat pertanyaan ke Pj Bupati Aceh Barat lewat Kantor Pos

Belasan jurnalis kirim surat pertanyaan ke Pj Bupati Aceh Barat lewat Kantor Pos
Belasan jurnalis kirim surat pertanyaan ke Pj Bupati Aceh Barat lewat Kantor Pos. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Belasan jurnalis yang tergabung dalam komunitas Sekretariat Bersama (Sekber) Jurnalis Aceh Barat (JAB), ramai-ramai menyurati Penjabat (Pj) Bupati setempat.

Surat tersebut dilayangangkan sebagai bentuk wawancara para jurnalis kepada Pj Bupati sebagaimana aturan yang ditetapkan pihak Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) setempat melakui Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim).

Surat berisikan pertanyaan kegiatan Mahdi Efendi satu bulan berdinas yang berkaitan dengan kegiatan seremonial tepung tawar (peusijuek) serta kegiatan dinas yang dilakukan selama di Jakarta, itu dikirim melalui kantor POS Meulaboh.

Ketua Sekber JAB, Khaidir Azhar dalam keterangannya, Selasa (8/11/2022) mengatakan, pelayangan surat dilakukan sesuai dengan permintaan Bagian Prokopim, yang menyebutkan jika hendak mewawancarai kepala daerah diharuskan dengan surat yang berisikan pertanyaan.

“Surat ini kita layangkan dalam bentuk pertanyaan. Kenapa kita layangkan surat, kita mengikuti sistem protokoler Pemkab Aceh Barat, yang menyebutkan jika ada awak media ingin wawancara maka harus melalui surat, seperti yang disampaikan kepada salah seorang rekan kita,” jelas Khaidir.

Khaidir menerangkan, dalam surat yang dilayangkan oleh Jurnalis Aceh Barat (JAB) kepada Pemda Aceh Barat itu berisikan tentang sejumlah pertanyaan, yang berkaitan dengan aktivitas beliau, pasca dilantik sebagai kepala daerah sementara yang ditunjuk oleh kementerian.

Surat ini termasuk mempertanyakan kinerja Pj Bupati, Mahdi Efendi, sebulan terakhir pasca dilantik sehingga nantinya insan pers dapat mempublikasi di media mereka masing-masing.

“Yang kita tanyakan melalui surat juga tidak ribet sekali, melainkan tentang aktivitas tepung tawar atau peusijuk yang selama ini dia lakukan di beberapa tempat. Kemudian apa kepentingan dan dampak untuk daerah selama di Jakarta, sehingga abai terhadap korban banjir,” katanya menambahkan.

Khaidir berharap, pemerintah segera memberi respons cepat atas permintaan para jurnalis yang tergabung dalam Sekber JAB, tentang beberapa pertanyaan yang dilayangkan secara resmi tersebut.

Shares: