News

BEM FKH USK kumpulkan darah 53 kantong

BEM FKH USK kumpulkan darah 53 kantong
Donor darah BEM FKH USK Banda Aceh, Jumat (17/3/2023). Foto: USK

POPULARITAS.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh melakukan kegiatan donor darah di kampus FKH USK Darussalam, Jumat (17/3/2023).

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan selama dua hari dan mendapat antusias yang tinggi dari mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan terkumpulnya darah sebanyak 53 kantong di hari pertama.

Ketua BEM FKH USK Muhammad Raihan mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin BEM FKH USK yang dilaksanakan setiap memasuki bulan Ramadan. Raihan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyukseskan acara donor darah hari ini, terutama untuk para pendonor yang dengan rela telah menyumbangkan darahnya.

“Alhamdulillah, hari pertama sudah terkumpul 53 kantong darah, semoga hari kedua besok bisa lebih banyak lagi teman-teman mahasiswa yang akan mendonor darahnya,” harap Raihan

Wakil Dekan III FKH USK, drh. Ismail, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan donor darah ini. Menurut Ismail, donor darah merupakan perbuatan yang mulia karena manfaatnya selain untuk diri sendiri juga memberi manfaat yang besar untuk orang lain yang sedang membutuhkan transfusi darah.

“Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa,” ucap Ismail.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haiqal Asri juga turut menyambut baik kegiatan donor darah yang dilakukan oleh mahasiswa ini.

Menurutnya, donor darah berbeda dengan kegiatan pengabdian lain yang sering dilakukan mahasiswa. Selain bermanfaat bagi kesehatan si pendonor, donor darah secara tidak langsung dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

Oleh karena itu, Haiqal berharap dukungan penuh dari pihak kampus untuk kegiatan mahasiswa seperti ini, dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa pendonor, yaitu dengan memberikan nilai tertinggi di Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Shares: