HeadlineNews

Berikut Zona Beresiko Covid-19 di Aceh

Berikut Zona Beresiko Covid-19 di Aceh
Pemerintah Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mulai melakukan uji swab massal untuk memetakan kasus Covid-19. Fitri

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kurva epidemiologi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh terus mengalami kenaikan dalam bulan ini. Sekarang jumlah pasien positif sudah tembus 193 orang dengan rincian; 89 orang dalam perawatan, 94 orang sudah sembuh, dan 10 orang meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 Pusat pun telah menetapkan peta zonasi resiko terbaru di Provinsi Aceh pada 26 Juli 2020 lalu.

Zona Hijau (tidak terdampak) di Aceh meliputi Pidie Jaya, Nagan Raya, Subulussalam, Pidie, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, dan Aceh Tengah. Sedangkan Simeulue, dan Gayo Lues juga termasuk Zona Hijau.

Zona Kuning (resiko rendah) meliputi Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Bireuen, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Sabang, Langsa, Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Timur, Aceh Utara, dan Bener Meriah. Sedangkan Zona Orange (resiko sedang) meliputi Aceh Barat Daya dan Aceh Besar.

“Zonasi resiko daerah tersebut dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan, seperti indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan,” kata SAG, Selasa (28/7/2020).

Kata SAG, ada penambahan kasus hari ini sebanyak 22 orang. Kasus positif itu tersebar di Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Utara, Bener Meriah, Kota Langsa, dan luar daerah Aceh.

Warga Kota Banda Aceh sebanyak 9 orang (Kasus 172 s/d Kasus 180). Warga Aceh Besar sebanyak 3 orang (kasus 181 s/d Kasus 183). Warga Aceh Utara 1 orang (Kasus 184). Warga Bener Meriah sebanyak 6 orang (Kasus 185 s/d Kasus 190). Warga Kota Langsa sebanyak 2 orang (Kasus 191-Kasus 192). Satu orang lainnya warga luar Aceh (Kasus 193) .

“Tren kasus Covid-19 Aceh belum stabil. Kemarin dilaporkan tiga kasus baru. Hari ini melonjak 22 kasus, sehingga totalnya sudah mencapai 193 kasus,” kata SAG.

Dilansir dari laman web Dinas Kesehatan Aceh, Aceh Besar dan Banda Aceh menjadi dua daerah yang terbanyak ditemukan kasus positif corona.

Di Banda Aceh, jumlah kasus mencapai 55 orang. Sementara untuk Aceh Besar 45 kasus yang ditemukan.

Dari jumlah itu, di Kota Banda Aceh jumlah pasien sembuh mencapai 28 orang. Kemudian yang masih dirawat di rumah sakit rujukan berjumlah 25 orang dan dua meninggal dunia.

Sementara di Aceh Besar, 26 sembuh, 24 dirawat di rumah sakit rujukan dan kasus meninggal 4 orang, dan jumlah itu lebih banyak dari jumlah kematian akibat Covid-19 di Banda Aceh.[acl]

Shares: