News

Bibit siklon tropis bergerak dari laut China Selatan, warga Aceh diminta waspada

Empat warga Kalsel tewas disambar petir saat memancing
Ilustrasi - Petir menyambar. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi bibit siklon tropis 91W bergerak dari Laut China Selatan menuju arah barat pada Senin (25/9/2023).

Menurut BMKG, pergerakan tersebut berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat maupun petir di wilayah Aceh, Riau dan Kepulauan Riau.

Prakirawan BMKG Dendi Rona Purnama pun mengingatkan warga di tiga daerah itu untuk mewaspadai hujan disertai kilat maupun petir.

“Dampak tidak langsung dari bibit siklon tropis tersebut untuk wilayah Indonesia adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat maupun petir di wilayah Aceh, Riau dan Kepulauan Riau,” katanya, Senin (25/9/2023).

Dalam kesempatan itu, Dendi juga memaparkan situasi cuaca di Bandar Lampung dan Pangkal Pinang yang diprediksi cerah hingga cerah berawan, sementara Palembang dan Bengkulu berawan hingga berawan tebal. Jambi diprediksi berkabut.

Beralih ke Pulau Jawa, kata Dendi, Jakarta, Semarang dan Surabaya diprediksi cerah hingga cerah berawan. Sementara Serang, Yogyakarta diprediksi berawan, dan Bandung berpeluang hujan ringan.

Prakiraan cuaca di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, umumnya cerah berawan terjadi di daerah Denpasar, Kupang dan Mataram.

Pulau Kalimantan berpotensi cerah berawan di daerah Pontianak dan Samarinda. Sedangkan Tanjung Selor berkabut, dan Palangkaraya serta Banjarmasin diprediksi berasap.

Situasi cuaca di Pulau Sulawesi, seperti di daerah Manado, Gorontalo, dan Mamuju cerah berawan. Makassar dan Kendari berawan, Palu berpeluang hujan ringan.

Situasi cuaca di wilayah Indonesia bagian timur, seperti Ternate dan Ambon diprediksi cerah berawan, sementara Manokwari dan Jayapura diprediksi hujan ringan.

“Kondisi siklon 91W juga turut mempengaruhi tinggi gelombang laut mulai dari 1,25 hingga 2,5 meter di daerah Laut Natuna bagian utara, Anambas dan perairan utara Kepulauan Natuna,” katanya, dikutip dari laman Antara, Senin (25/9/2023).

Dendi juga menyampaikan prediksi angin di lapisan permukaan wilayah Indonesia secara umum masih bergerak dari arah tenggara dan barat laut dengan kecepatan 10 sampai 60 km per jam.

“Waspadai potensi angin kencang terutama di wilayah Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan daerah Sulawesi Selatan,” katanya.

Suhu udara di wilayah Indonesia berkisar antara 17 sampai 35 Celsius dengan kelembaban berkisar antara 40 sampai 100 persen.

Shares: