News

BMKG Ingatkan Aceh Berpotensi Melanda Hujan Lebat

Cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang landa Aceh
Ilustari cuaca buruk. Foto: riau online

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan bahwa hujan lebat berpotensi melanda sejumlah wilayah di provinsi paling barat Indonesia tersebut akibat hadirnya belokan angin di sebelah barat daya Pulau Sumatera.

“Kami perkirakan terjadi hujan lebat hingga akhir pekan ini akibat belokan angin di sebelah barat daya, dan daerah konvergensi di Sumatera,” ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Kamis (10/9/2020) dilansir Antara.

Ia menerangkan akibat kedua kondisi di lapisan atmosfer tersebut mengakibatkan intensitas pembentukan awan-awan konvektif yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Propinsi Aceh.

Dampak dari kondisi ini, lanjutnya, menyebabkan terjadinya fenomena cuaca ekstrem, seperti hujan lebat yang bisa disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang, sore hingga malam hari.

“Untuk hari ini hingga malam nanti, kita perkirakan Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Singkil, Sabang, Pulau Aceh, Aceh Tenggara, Aceh Utara, Bener Meriah, dan Aceh Tengah berpotensi turun hujan,” katanya.

Ia melanjutkan, wilayah di Aceh berpotensi dilanda hujan, yakni Aceh Besar, Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Lhokseumawe, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara pada Jumat (11/9),

“Sedangkan di Sabtu (12/9), kita perkirakan Aceh Tamiang, Pidie Jaya, Aceh Utara, Bireuen, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tengah, dan Aceh Tenggara hujan terjadi,” tutur Zakaria.

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh barusan mengeluarkan peringatan dini cuaca Provinsi Aceh berlaku hari ini pukul 19.10 WIB menyebut, masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang.

“Hujan diperkirakan turun di wilayah Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Utara, Simeulue, dan sekitarnya. Dapat meluas ke wilayah Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Timur, dan Aceh Barat. Kondisi ini diperkirakan masih berlangsung hingga pukul 22.10 WIB,” ujar prakirawan.[acl]

Shares: