News

BMKG Minta Warga Waspadai Angin Kencang Siklon Tropis yang Mengarah ke Aceh

Prakiraan cuaca di Aceh hari ini
Ilustrasi angin kencang. Foto: Net

POPULARITAS.COM – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar mengingatkan warga untuk mewaspadai siklon tropis di Timur Vietnam dari Samudera India yang akan bergerak melintasi Aceh dan mengakibatkan angin kencang.

Kasie Data dan Informasi BMKG, Zakaria menyebutkan, adanya sirkulasi Eddy di sebelah Barat Pulau Sumatera yang mengakibatkan terjadinya belokan angin, sehingga terjadi banyaknya pembentukan awan konvektif yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah Propinsi Aceh.

Dinamika atmosfir lain yang mundukung pertumbuhan awan hujan untuk Propinsi ujung barat Sumatra ini juga dipengaruhi oleh anomali suhu muka laut.

“Dengan adanya anomali suhu muka laut tersebut, potensi penguapan atau penambahan massa uap air di atmosfir propinsi Aceh meningkat,” kata Zakaria dalam keterangannya, Selasa (13/10/2020).

Adapun wilayah-wilayah di Aceh yang berpotensi terjadi peningakatan massa uap air dan yang memungkinkan terjadinya hujan sedang hingga lebat dapat disertai angin kencang serta petir untuk dua sampai tiga hari kedepan adalah Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Nagan Raya, Simeulue, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Singkil, Pidie, Pidie Jaya, Biren, Lhokseumawe.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan sedang dan berpotensi terjadi petir Guntur adalah kabupaten/kota;  Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara.

Untuk wilayah yang berpotensi waspada banjir terutama daerah pinggiran sungai waspada banjir luapan, daerah muara waspada terhadap banjir bandang dan juga perlu kewaspadaan terhadap banjir genangan.

“Waspada angin kencang, pohon tumbang, bangunan yang roboh (bangunan tua) wilayah yang berpotersi adalah Barat Selatan Aceh terutama dipesisir, wilayah kepuauan, Pulau Banyak, Simeulu, Puau Aceh,  Sabang Banda Aceh, aceh Besar, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara,” katanya.

Ia juga mengingatkan untuk bahaya petir agar masyarakat tidak lupa juga potensinya antara lain wilayah Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara.

“Kita berharap agar masyarakat lebih memahami daerah masing-masing, missal pada bulan apa sering terjadi bencana banjir atau pada bulan apa didaerah tersebut sering timbul titik panas atau ada daerah-daerag yang tidak rentan terhadap banjir, tapi sering terjadi tanah longsor,” ucapnya.

Reporter: dani

Shares: