News

BMKG prediksi hujan sedang guyur Banda Aceh pada Senin siang

BMKG: Banda Aceh berpotensi diguyur hujan pada siang hari
Pengendara sepeda motor menerobos hujan di kawasan Alun-alun Selatan, Yogyakarta, Selasa (8/11/2022). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/TOM.

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan sedang akan mengguyur Kota Banda Aceh pada Senin (27/11/2023).

Dikutip dari laman BMKG, selain Banda Aceh, hujan sedang juga diprediksi bakal guyur Makassar dan Serang.

Sementara hujan ringan pada siang hari ini yakni Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Bandung, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Mataram, Mamuju, Kendari, Manado, dan Medan.

BMKG memperingatkan masyarakat di wilayah Pontianak, Banjarmasin, dan Pangkal Pinang untuk waspada terjadinya hujan petir pada siang hari ini, sedangkan di wilayah Pekanbaru dan Mamuju pada malam nanti.

Sementara, beberapa wilayah seperti Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Tarakan, Kupang, Kota Jayapura, Pekanbaru, dan Palembang diprakirakan cerah berawan pada siang ini.

Wilayah Jakarta Pusat, Manokwari, dan Padang sebagian besar diprakirakan berawan.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto menyampaikan BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

“Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia,” katanya.

Ia mengemukakan beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia, di antaranya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian barat.

Shares: