News

BMKG sebut Aceh berpotensi hujan lebat

BMKG ingatkan potensi hujan badai di Aceh
Ilustrasi badai hujan. (ANTARA)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Aceh untuk mewaspadai adanya potensi hujan lebat dengan kecepatan lebih dari 50 milimeter pada Senin (12/6/2023).

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dikutip Antara, selain Aceh, potensi hujan lebat diperkirakan juga terjadi di wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Hujan lebat juga berpotensi dialami oleh wilayah Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara potensi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam juga harus diwaspadai oleh wilayah seperti Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Maluku dan Papua.

Tak hanya hujan lebat dan angin kencang, potensi hujan disertai kilat atau petir juga harus diwaspadai oleh wilayah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Wilayah seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku dan Papua Barat juga harus mewaspadai adanya potensi hujan disertai kilat atau petir.

Adanya hujan lebat dan angin kencang yang disertai kilat atau petir pra akhirnya membuat beberapa wilayah berpotensi banjir seperti Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

“Untuk Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Tengah berpotensi mengalami kebakaran hutan,” ujar BMKG.

Shares: