News

BMKG sebut Aceh berpotensi hujan lebat

BMKG prediksi Aceh masih berpotensi hujan lebat
Ilustrasi - Sejumlah kendaraan melintas Jalan MH Thamrin saat hujan, Jakarta, Kamis (12/6). FOTO ANTARA/Fanny Octavianus/nz/pri. (ANTARA/FANNY OCTAVIANUS)

POPULARITAS.COM – Sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Aceh berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Rabu (26/4/2023). Ini berdasarkan peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dikutip dari laman Antara, Rabu (26/4/2023), selain Aceh, potensi hujan lebat dengan intensitas lebih dari 50 milimeter (mm) per hari juga diprakirakan terjadi di wilayah Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan.

Kemudian, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah dengan potensi hujan disertai kilat diprakirakan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

BMKG mengingatkan sejumlah wilayah berpotensi banjir seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Utara.

Khusus di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), BMKG memprakirakan diguyur hujan intensitas ringan hingga lebat pada Rabu.

Hujan ringan diprakirakan terjadi di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan waktu yang berbeda-beda antara siang hingga malam hari, sedangkan khusus untuk Jakarta Selatan, hujan disertai petir diperkirakan terjadi pada malam hari.

Di Bogor, hujan dengan intensitas sedang diprediksi terjadi pada siang dan malam hari. Untuk Kota Depok hujan disertai petir diperkirakan terjadi pada malam hari.

Di Bekasi hujan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terjadi pada siang dan malam hari. Di Tangerang, hujan ringan diperkirakan turun pada malam hari.

Shares: