News

BMKG: Waspadai gelombang empat meter di perairan Aceh

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai gelombang tinggi 2,5-4 meter di perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano, Perairan Selatan Jawa dan Samudra Hindia Selatan Jawa.
Angkutan umum di Aceh diminta utamakan keselamatan penumpang
Ilustrasi, kapal cepat Express Cantika memasuki pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda pada Sabtu (24/5/2019). (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai gelombang tinggi 2,5-4 meter di perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano, Perairan Selatan Jawa dan Samudra Hindia Selatan Jawa.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Minggu (29/5/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi BMKG di Jakarta, Minggu, sejumlah provinsi yang berpotensi mengalami cuaca tersebut adalah Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Cuaca serupa juga berpotensi terjadi di Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Sementara daerah yang berpotensi dilanda hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

Bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diimbau untuk selalu waspada.

Peringatan gelombang tinggi tersebut berlaku mulai Minggu (29/5) pukul 07.00 WIB hingga Senin (30/5) pukul 07.00 WIB. (ANT)

Shares: