NewsSepakbola

Brazil hajar Bolivia 5-1

Neymar melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bolivia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 zona Amerika Selatan yang berlangsung di Para, Brazil, Jumat. (ANTARA/AFP-CARL DE SOUZA)

POPULARITAS.COM – Timnas Brazil menorehkan kemenangan meyakinkan atas Timnas Bolivia dengan skor 5-1 pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol di Stadion Mangueirao, Belem, Brazil, Sabtu (9/9/2023) pagi.

Kemenangan Brazil hadir berkat gol Rodrygo (2), Raphinha, dan Neymar (2), sedangkan Bolivia sempat membalas melalui Victor Abrego, demikian catatan Conmebol.

Kemenangan tersebut membuat Brazil menempati posisi puncak klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol dengan torehan tiga poin dari satu pertandingan, sedangkan Bolivia berada pada peringkat terakhir.

Secara statistik Brazil tampil dominan dengan mencatatkan 80 persen penguasaan bola serta melepaskan total 17 tendangan yang 10 di antaranya tepat sasaran.

Tim Samba langsung mengambil inisiatif menyerang pada pertandingan tersebut dan memiliki peluang melalui tendangan bebas Neymar yang masih menyamping dari gawang Bolivia.

Brazil memiliki peluang emas untuk unggul terlebih dahulu setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti seusai bek Bolivia Adrian Jusino melakukan handsball di kotak terlarang.

Neymar yang maju sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya dapat diamankan kiper Bolivia Guillermo Viscarra.

Brazil akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-24 setelah Rodrygo dapat menyambut bola muntah hasil tendangan Raphinha sehingga skor berubah menjadi 1-0. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Brazil tidak mengendurkan tekanan dan dapat menambah keunggulan pada menit ke-47 melalui gol yang dicetak oleh Raphinha sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Unggul dua gol, Brazil semakin nyaman dalam bermain dan berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 berkat gol Rodrygo memanfaatkan umpan Bruno Guimaraes pada menit ke-53.

Neymar yang sebelumnya gagal mengeksekusi penalti turut ambil bagian mencatatkan nama di papan skor usai berhasil membobol gawang Bolivia pada menit ke-61 sehingga skor berubah menjadi 4-0.

Bolivia mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-78 pemain pengganti Victor Abrego membobol gawang Brazil yang dijaga oleh Ederson Moraes sehingga skor berubah menjadi 1-4.

Brazil menutup pertandingan ini dengan kemenangan 5-1 setelah Neymar mencatatkan gol keduanya pada menit 90+3.

Selanjutnya Brazil akan menghadapi Peru pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol, Selasa (12/9) waktu setempat. Sedangkan Bolivia akan melakoni partai berat menjamu Argentina pada hari yang sama.

Shares: