HeadlineNews

Bunga mawar merah putih dari Jokowi untuk ultah Megawati

Presiden Jokowi mengirim karangan bunga ke kediaman Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

POPULARITAS.COM – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarno Putri, rayakan ulang tahun ke-77. Tidak ada perayaan khusus peringatan hari lahir mantan presiden RI itu.

Di kediaman Megawati Sukarno Putri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, satu karangan bunga berisi anggrek bulan warna unggu, mawar putih dan bunga lili, terpajang di depan rumah tersebut.

Diatas karangan bunga, tertulis pesan singkat, Selamat ulang tahun Ibu Megawati Sukarno Putri. Dari : Presiden Joko Widodo.

Kiriman karangan bungan itu, tentu satu hal yang saat ini menjadi tanda tanya soal hubungan keduanya. Apalagi, pasca Gibran Rakabuming Raka dipasangkan dengan Prabowo Subianto sebagai cawapres, kedua tokoh bangsa itu seperti tak akur dan bahkan saling sindir secara terbuka.

Beberapa kali, Megawati Sukarno putri, dalam pidato-pidato politiknya, kerap menyentil perilaku politik Presiden Joko Widodo dalam proses suksesi kepemimpinan nasional.

Pun begitu juga, Presiden Joko Widodo, sepertinya sudah tidak perduli lagi dengan PDI Perjuangan, partai yang telah membesarkan dan mengantarnya ke kursi kekuasaan sebagai pemimpin negeri.

Terakhir, saat HUT PDI Perjuangan ke-51 pada 10 Januari 2024, Presiden Joko Widodo, memilih keluar negeri dan tidak hadiri acara tersebut. Padahal, saban tahun selama berkuasa, Jokowi tak pernah absen hadiri acara penting tersebut.

Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merayakan ukang tahun bersama keluarga di kediamannya Jalan Teuku Umar, Jakarta, Selasa (23/1/2024).

Karnanya, ketika presiden RI kirim karangan bungan ucapan selamat ulang tahun kepada Megawati Sukarno Putri, hal tersebut menimbulkan banyak tanya, apakah langkah itu sebagai upaya mendinginkan suhu politik atau langkah Joko Widodo normalisasi hubungannya dengan putri proklamator tersebut.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan Megawati peringati hari kelahirannya ini secara sederhana. Menurutnya, Presiden Ke-5 itu hanya menerima orang-orang terdekatnya saja.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun Ibu Megawati diadakan secara sederhana, dan dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat beliau,” ujar Hasto dalam keterangannya di Jakarta.

Tak hanya itu, seluruh kader PDIP di berbagai daerah juga merayakan ulang tahun Megawati dengan kegiatan kebudayaan. Hasto mengatakan para kolega-nya akan membagikan tumpeng untuk masyarakat hingga melakukan penanaman pohon.

Lebih lanjut, Hasto pun mengingatkan peran Megawati dalam menjaga demokrasi Indonesia. Dia menyinggung soal isu perpanjangan masa jabatan 3 periode yang sempat digaungkan oleh orang-orang dekat Jokowi.

Hasto mengklaim, Megawati berani menolak permintaan perpanjangan masa jabatan itu meski membawa konsekuensi dalam ajang Pemilu 2024. Dia ingin ketokohan Megawati dalam menjaga amanat konstitusi harus dijadikan contoh.

“Dengan meneladani perjuangan beliau, maka berbagai intimidasi yang terjadi saat ini, justru menjadi pupuk semangat untuk semakin kokoh di dalam mewujudkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi di dalam menentukan pemimpin,” tuturnya.

Shares: