News

Bupati Aceh Besar Dilaporkan ke Polda Aceh Terkait Dugaan Penipuan

Tim kuasa hukum Zulkarnaini Bintang memperlihatkan bukti pelaporan Mawardi Ali ke SPKT Polda Aceh dalam konferensi pers di kawasan Lampineung, Banda Aceh, Kamis (4/2/2021). (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Seorang pengusaha, Zulkarnaini Bintang melaporkan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali ke Mapolda Aceh terkait dugaan tindak pidana penipuan. Laporan dilakukan ke SPKT Polda Aceh pada Rabu (3/2/2021) kemarin.

“Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dilaporkan Pak Zul terkait dugaan tindak pidana penipuan dengan rangkaian kata-kata bohong menggerakkan hati pak Zul untuk menyerahkan sejumlah uang,” ujar kuasa hukum pelapor, Radhitya Yosodiningrat dalam konferensi pers di Banda Aceh, Kamis (4/2/2021).

Radhitya menjelaskan, rangkaian kata-kata bohong tersebut dilakukan oleh Mawardi Ali saat kampanye sebagai calon Bupati Aceh Besar pada Pilkada 2017 lalu. Saat itu, Mawardi diduga meminta uang sekitar Rp 5 miliar pada Zulkarnaini Bintang untuk biaya kampanye.

Uang tersebut, kata Radhitya, diminta dalam beberapa tahap dan disertai dengan kwitansi antara peminta dan pemberi. Menurutnya, Zulkarnaini Bintang mau memberikan sejumlah uang itu karena dijanjikan proyek jika Mawardi terpilih jadi Bupati Aceh Besar.

“Kata Mawardi saat itu ‘kalau saya nanti terpilih, bapak akan saya berikan proyek baik berasal dari APBN atau APBD khusus untuk mata anggaran insfratruktur senilai 25 persen dari nilai anggaran untuk proyek pemerintah. Ternyata beliau terpilih,” ujar Radhitya

Setelah Mawardi terpilih, sambung Radhitya, Zulkarnaini Bintang mencoba untuk menagih apa yang sudah dijanjikan sebelumnya. Namun, tagihan tersebut tak direspon oleh Bupati Aceh Besar Mawardi Ali.

“Pak Zul minta dan nagih, mana ini. Malah disuruh setor uang, itu artinya rangkaian kata-kata bohong itu sudah terpenuhi, penyerahan uang sudah terpenuhi, tidak kurang dari Rp 5miliar, itulah yang membuat kami melapor,” jelas Radhitya.

Menurutnya, selain meminta uang untuk biaya kampanye, Mawardi Ali juga meminta sejumlah uang pada Zulkarnaini Bintang untuk membayar utang yang selama ini menunggak. Permintaan ini juga dituruti oleh Zulkarnaini Bintang.

“Pak tolong bayar hutang saya ke si A, nanti proyek ini kamu kerjain, kata Mawardi saat itu. Dan itu bukan sekali, tetapi beberapa kali dan jumlahnya lumayan besar,” ungkap dia.

Editor: dani

Shares: