News

Camat dan Reje di Aceh Tengah Diminta Untuk Antisipasi Karhutla

Petugas kepolisian berusaha memadamkan api saat terjadinya kebakaran lahan kebun kelapa sawit di lahan gambut milik masyarakat di Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. (FOTO ANTARA/HO-BPBD)

ACEH TENGAH (popularitas.com) – Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi mengingatkan para camat dan reje (Kepala) kampung di daerah itu untuk mulai mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di musim kemarau.

Sarkawi menuturkan bahwa harus ada langkah konkrit yang harus dilakukan mulai sekarang untuk mengantisipasi hal itu.

“Karena sekarang ini kita sudah memasuki musim kemarau dan sangat rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” kata Sarkawi di Redelong, Jumat, 3 Juli 2020.

Bupati ini menyampaikan hal itu menjadi tugas dan tanggungjawab para camat serta reje kampung untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Masyarakat juga diharapkan berpartisipasi aktif untuk melaporkan kepada pihak terkait seperti aparatur kampung, BPBD, dan petugas TNI serta Polri apabila menemukan kejadian Karhutla di wilayah masing-masing.

“Karena dengan cara itu kita lebih cepat untuk mengatasinya. Kepada seluruh camat dan reje kampung teruslah  melakukan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya membakar lahan,” tutur Sarkawi. (ANT)

Shares: