News

Cara Hadapi Stigma Negatif bagi Para Penyintas Covid-19

WHO Minta Indonesia GUnakan Tes RT-PCR untuk PDP dan ODP
Ilustrasi ODP dan PDP virus corona di Indonesia. (CNN Indonesia/ Farid)

POPULARITAS.COM – Saat ini banyak sekali stigma negatif terhadap para penyintas Covid-19. Hal ini dipicu karena rasa takut yang berlebihan dan kurangnya komunikasi yang diterima secara utuh oleh para pakar maupun dokter ahli berkaitan dengan kondisi yang terjadi pada masa pandemi.

Banyak yang menjauhi dan memandang sebelah mata para penyintas Covid-19. Padahal mereka membutuhkan banyak bantuan dan dukungan agar bisa berjuang melawan penyakitnya. Tentunya hal ini sangat tidak mengenakkan, lantas bagaimana cara menghadapi stigma negatif yang berkembang di masyarakat?

Menanggapi hal tersebut Psikolog Anak dan Keluarga sekaligus Konselor Employee Assistance Program di BUMN dan Lembaga Negara, Mira Amir mencoba memberikan tips untuk menghadapi stigma negatif tersebut.

Menurutnya fokus pada diri sendiri menjadi salah satu jalan terbaik yang bisa dilakukan bagi para penyintas Covid-19.

“Stigma negatif yang dilontarkan orang lain tidak bisa diatur, itu diluar kontrol. Jadi kita fokus pada hal yang bisa kita ubah dan kontrol. Stigma negatif adalah kekurangan pahaman lingkungan terhadap Covid-19. Jadi lebih baik tidak memikirkan hal tersebut karena kita tidak bisa ubah kondisi itu,” terang Mira seperti dilansir laman Okezone.com, Jumat (9/10/2020).

Lebih lanjut Mira mengatakan bahwa membuat diri merasa nyaman dengan menerima kondisi yang sedang dialami adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Hal ini bisa membuat seseorang menjadi fokus yang berdampak pada kecepatan penyembuhan penyakit mereka.

“Jadi alihkan pikiran ke sesuatu yang bisa kita lakukan dengan menyenangkan dan merasa positif. Teman ada banyak, enggak mungkin kita bisa ngontrol mereka satu per satu supaya tidak takut,” tuntasnya.

Editor: dani

Shares: