News

Cara KIP Aceh Merangkul Kaum Milenial

Dok KIP Aceh

RUAS jalan Stadion H Dimurthala, Lampineung, Kota Banda Aceh, mendadak ramai. Para pemuda terlihat merapat di dinding beton yang ada di kiri dan kanan bilangan jalan, dekat markas klub Persiraja Banda Aceh, Sabtu, 16 Maret 2019.

Beberapa di antaranya terlihat memegang kuas. Sementara yang lainnya sedang sibuk mengoles cat warna-warni di sebilah triplek. Yang lainnya terlihat sedang menggores warna-warni di dinding tembok stadion. Inilah pemandangan sekilas perlombaan mural yang digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh.

Lomba kali ini bertemakan “Pemilih berdaulat, negara kuat”. Ada 19 tim mural yang mengadu kreativitas di perhelatan ini. Mereka diberikan waktu menyelesaikan gambar selama dua hari, sejak Sabtu hingga Minggu 17 Maret 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat, terutama kalangan milenial pada pemilu, yang berlangsung 17 April 2019 mendatang. “Kami berharap pemilih milenial lebih tereduksi dengan adanya perlombaan ini,” kata Komisioner KIP Aceh, Akmal Abzal, seperti dilansir dari situs resmi KIP Aceh.

Hal senada disampaikan Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri. Dia mengatakan, “kegiatan yang kita laksanakan ini adalah salah satu strategi dalam meningkatkan partipasi pemilih melalui pelibatan masyarakat.”

Selain lomba mural, KIP Aceh juga rutin melakukan sosialisasi ajakan untuk memilih lewat spanduk, baliho, poster yang tersebar di seluruh Aceh. Kegiatan lainnya adalah sosialisasi menyasar pemilih di sekolah-sekolah, kampus, pesantren, komunitas ibu rumah tangga, pemilih disabilitas dan komunitas lainnya. *(BNA)

Shares: