HeadlineNews

Cegah Penularan Corona di Warung Kopi

Cegah Penularan Corona di Warung Kopi

BANDA ACEH (popularitas.com) – Peneliti Cluster Human Security TDRMC, Dr Ichsan, M.Sc membagikan tips efektif cegah penularan virus corona di warung kopi.

Mengingat warga Aceh, khususnya di Banda Aceh lebih banyak menghabiskan waktu nongkrong di warung kopi. Tentunya mobilitas warga cukup tinggi dan bahkan tidak saling mengenal satu sama lain.

Baca: Melawan Corona Dari Rumah

Tentunya ini sangat rentan terpapar COVID-19 bila sedang berada di warung kopi. Maka itu, Dr Ichsan membuat infografis 9 tips menghindari terpapar corona di warung kopi.

  1. Tidak Bersalaman

Sudah menjadi tradisi orang timur, khususnya Aceh yang menerapkan nilai-nilai syariat Islam. Setiap bertemu dengan orang lain, baik dikenal atau tidak memiliki adat dan budaya bersalaman atau berjabat tangan. Namun ditengah menghadapi COVID-19 yang telah ditetapkan pandemi oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), disarankan sebaiknya dihindari bersalaman untuk beberapa waktu.

  1. Tidak Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

Tangan seseorang tidak ada yang mengetahui sudah terdapat virus corona. Lebih baik setelah memegang sesuatu di tempat umum, disarankan tidak memegang mata, hidung dan mulut.

Karena COVID-19 bisa masuk melalui mata, hidung dan mulut dan bukan melalui kulit. Jangan pernah menyentuh ketiga organ ini selama berada di warung kopi atau di tempat umum lainnya.

  1. Mencuci Tangan 2 Kali

Cara efektif memutus rantai penularan COVID-19 dengan mencuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir. Lakukan hal ini minimal 2 kali, yaitu saat baru tiba dan meninggalkan warung kopi.

  1. Tidak Menggunakan Serbet/Kain Lap Tangan yang Tersedia

Gunakan tissue meja yang telah tersedia. Jika tidak tersedia, maka lebih baik tidak dilap. Atau disarankan membawa tissue sendiri agar lebih aman.

  1. Adab Bersin dan Batuk

Lebih baik hindarilah orang-orang yang bersin atau batuk. Jika bersin atau batuk maka gunakan tissue untuk menutup mulut dan hidung. Lalu langsung buang tissue tersebut ke tempat sampah.

  1. Memesan Makanan Sehat

Imunitas kuat corona tak berkutik. Caranya demi menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat. Pesanlah makanan sehat, hindari gorengan dan makanan yang benyak mengandng micin atau penyedap.

  1. Persingkat Waktu Kunjungan

Selama pandemi COVID-19 disaran untuk lebih banyak berada di rumah. Maka sangat dianjurkan tidak berlama-lama duduk di warung kopi, terutama bagi yang berusia di atas 60 tahun ke atas (Lansia).

  1. Tidak ke Warkop Jika Sedang Sakit

Jika merasa sedang sakit atau kurang enak badan, maka pilihan bijak tetap berada di rumah dan sementara waktu tidak berkunjung ke warung kopi.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga dan istirahat yang cukup adalah cara terbaik untuk menjaga agar tidak tertular penyakit COVID-19.

Baca: Hand Sanitizer Langka, Unsyiah Produksi U Hansa Dari Minyak Nilam

Pemerintah Aceh telah meliburkan sekolah dan pembatasan kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 14 hari. Semua siswa diminta untuk dapat belajar secara mandiri di rumah dengan pengawasan orang tua masing-masing.

Mengapa harus 14 hari? Ini menjadi banyak pertanyaan di publik. Dr Ichsan, M.Sc menjawab dalam infografis tersebut, waktu 14 hari adalah masa inkubasi virus corona, artinya jika dalam masa 2 pekan itu seseorang tidak muncul gelaja-gejala penyakit, seperti batuk, demam, suhu badan tinggi, maka dipastikan negatif COVID-19.[]

Baca: Ditengah Wabah Corona, Libur Bukan Berarti Berwisata

Penulis: A.Acal

Cegah Penularan Corona di Warung Kopi

Shares: