News

Cuaca Buruk, Keberangkatan Kapal dari Meulaboh ke Simeulue Ditunda

Cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang landa Aceh
Ilustari cuaca buruk. Foto: riau online

POPULARITAS.COM – Aktivitas pelayaran ke pulau terluar Aceh ke Kabupaten Simeulue menuju ke Meulaboh, Aceh Barat sejak Sabtu (10/10/2020) hingga Senin malam (12/10/2020) masih terganggu, dan terpaksa dibatalkan akibat cuaca buruk yang melanda kawasan ini.

“Sampai saat ini kapal belum bisa berangkat karena cuaca buruk terus melanda perairan Samudera Indonesia di wilayah barat Aceh,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Meulaboh, Aceh Barat, Romi Masri seperti dilansir laman Antara.

Menurutnya, sesuai jadwal pelayaran, operasional Kapal Motor Penumpang (KMP) Teluk Sinabang dari Sinabang, Pulau Simeulue, Aceh ke Meulaboh, Kabupaten Aceh dilakukan setiap Jumat dan Ahad, sedangkan untuk pelayaran dari Meulaboh, Aceh Barat ke Sinabang, Pulau Simeulue dilayani setiap Sabtu dan Senin.

Namun sejak pekan lalu hingga kini, jadwal pelayaran kapal tersebut belum bisa dilakukan untuk menunggu membaiknya cuaca.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini, pelayaran kapal terpaksa dihentikan sementara karena cuaca sangat buruk,” kata Romi Masri menambahkan.

Ia menuturkan, PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) selaku operator kapal terpaksa membatalkan jadwal pelayaran karena demi keselamatan penumpang.

Selain mengganggu pelayaran ke Aceh Barat, badai juga mengganggu jadwal pelayaran KMP Labuhan Haji yang selama ini melayani pengangkutan dari Pulau Simeulue, Aceh ke daratan Aceh ke Kabupaten Aceh Selatan.

“Untuk sementara operasional kapal belum bisa dipastikan kapan akan dimulai kembali, pastinya jika cuaca sudah membaik, operasional kapal pasti akan normal seperti semula,” kata Romi Masri menuturkan. (ant)

Shares: