News

Curva Kasus Covid-19 di Aceh Mulai Melandai

Waspada, Virus Corona Bisa Picu Infeksi Jamur Hitam
Ilustrasi. Klildokter.com

POPULARITAS.COM – Kasus harian Covid-19 di Aceh mulai turun dari puncak kurva nya 293 kasus pada 29 Mei 2021 menjadi 270 kasus hari berikutnya, dan turun lagi 116 kasus, Senin, kemarin. Sementara itu, kasus positif yang baru dilaporkan bertambah 122 kasus, sembuh bertambah 120 orang, dan satu orang meninggal dunia.

“Kasus baru positif Covid-19 hari ini enam orang lebih tinggi daripada kemarin, ini fluktuasi kasus harian yang lazim sepanjang pandemi belakangan ini,” kata juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, Selasa, (1/6/2021).

Juru Bicara yang akrab disapa SAG itu mengatakan, turunnya kasus harian tersebut hendaknya tidak membuat lengah. Lonjakan kasus harian bisa terjadi setiap saat.

Karena itu, sebutnya, meski ada penurunan kasus dalam tiga hari terakhir harus disyukuri, tapi tidak mengabaikan protokol kesehatan. Secara individual tetap memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, tidak berkerumun, dan senantiasa mencuci tangan dengan memakai sabun di bawah air yang mengalir, atau memakai hand sanitizer.

Satgas Covid-19 kabupaten/kota tetap melakukan test dan tracing secara agresif, dengan dukungan penuh Satgas gampong. Posko Gampong Covid-19 harus tetap memantau kasus-kasus suspek, dan melakukan pengawasan penderita yang melakukan isolasi mandiri. Mendukung proses isolasi mandiri itu secara psikis dan psikologis.

“Sikap waspada dan siaga menjalankan peran dan fungsi masing-masing tersebut Insya Allah kasus positif Covid-19 tidak melonjak tajam di Aceh,” tuturnya.

Secara akumulatif kasus Covid-19 di Aceh, per  1 Juni 2021, telah mencapai 15.139 kasus/orang. Rinciannya, para penyintas, yang sudah sembuh dari Covid-19, sebanyak  11.890 orang. Penderita yang sedang dirawat 2.652 orang, dan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 597 orang.

“Angka tersebut termasuk penambahan kasus konfirmasi baru 122 orang dalam 24 jam terakhir, dan 120 orang dinyatakan sembuh,” tuturnya.

Shares: