News

Dayah Ruhul Qurani gelar DRRQ pada Ramadhan 1444 H

Dayah Ruhul Qurani gelar DRRQ pada Ramadhan 1444 H
Dayah Ruhul Qurani, Kabupaten Aceh Barat. Foto: Dok. M. Nasril

POPULARITAS.COM – Dayah Ruhul Qurani akan menggelar Daurah Ramadhan Ruhul Qurani (DRRQ) pada Ramadhan 1444 H.

Daurah ini akan diadakan selama 15 hari, yaitu dari 26 Maret hingga 9 April 2023, atau 4-18 Ramadhan 1444 H. Pendaftaran peserta telah dibuka sejak 24 Februari lalu hingga 17 Maret. Jika peserta telah mencapai kuota terbatas atau waktu pendaftaran telah habis, maka pendaftaran ditutup.

Pembina Yayasan Tibers Meulaboh, Alaidinsyah dalam keterangannya, Jumat (10/3/2023) mengatakan, ini merupakan daurah pertama dan tidak dipungut biaya.

“Semua peserta dibimbing langsung oleh para pengajar pilihan. Para peserta diberikan fasilitas kitab beserta syarahnya, sertifikat, sanad dan ijazah bagi yang memenuhi syarat. Semoga sama-sama kita bisa berkontribusi dalam membangun generasi yang semakin baik ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Ruhul Qurani, Kamil Syafruddin mengatakan, bahwa daurah yang dilaksanakan ada dua pilihan, yaitu Daurah Tajwid Praktek, Tahfiz, dan Bahasa Arab Bersanad dan satu lagi Daurah Tajwid Bersanad yang mengkaji kitab Matan Tuhfatul Athfal.

“Daurah ini kita adakan secara intensif, di mana satu kelas hanya diisi oleh sekitar 15 peserta. Tujuan daurah ini adalah agar peserta bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, bisa menghafal juz 30 dengan baik dan juga bisa menghafal Matan Jurumiyah yang merupakan kitab rujukan dasar dari ilmu Nahwu,” kata Kamil.

Kamil menuturkan, pihaknya akan menghadirkan para pengajar yang bersanad. “Disebut bersanad karena pengajarnya memiliki sanad, dan para peserta yang berhasil menghafal kitab tajwid Matan Tuhfatul Athfal atau kitab bahasa Arab Matan Jurumiyah maka akan diberikan sanad. Ini merupakan salah satu upaya kita dalam melestarikan budaya para ulama dari masa ke masa,” ungkapnya.

Adapun para pengajar daurah ini adalah Danial Jamal, Hendra, Aris Munanda, Muammar Zainun, Asy’ari, Fadhlur Rahman Armi, Kamil Syafruddin, Egyana Yudistira, Sabariah Harisnur, dan Ulfa Marfirah.

Sedangkan untuk Daurah Tajwid Bersanad akan diisi oleh Muhammad Yasin Jumadi yang merupakan koordinator Tahfiz Al-Qur’an di Ruhul Qurani.

Ia juga merupakan pemegang lima sanad kitab tajwid dan 6 ijazah dalam ilmu tajwid dari para guru beliau, di antaranya Syaikh Sayyid Harun Abu ad-Dahab yang merupakan salah seorang ulama Qiraat Al-‘Quran di Mesir.

Kamil juga mengatakan dalam daurah ini akan diisi dengan tausiah inspiratif setiap harinya, bakda Zuhur.

“Kita mengundang para tokoh inspiratif yang ada di Meulaboh dari berbagai latarbelakang ketokohannya, sehigga peserta tidak hanya mendapat ilmu teori dan praktek, tapi juga mendapat inspirasi kehidupan yang penuh makna,” tutup Kamil.

Shares: