Internasional

Dipecat dari pimpinan militer, Zuniga kudeta Presiden Bolivia Luis Arce

Dipecat dari pimpinan militer, Zuniga kudeta Presiden Bolivia Luis Arce

POPULARITAS.COM – Usai dipecat sebagai pemimpin tertinggi militer di Bolivia, Jenderal Juan Jose Zuniga berupaya lakukan kudeta terhadap Presiden Luis Arce. Namun, langkah tersebut berhasil digagalkan oleh militer yang loyal terhadap presiden.

Juan Jose Zuniga dengan mengendarai kenderaan tank dan bersama sejumlah pasukannya, Rabu (26/6/2024), mencoba memasuki Istana Presiden di Ibukota La Paz. 

Presiden Bolivia Luis Arce, bersama sejumlah pengawal setianya menghadapi sendiri pasukan yang dipimpin oleh Zuniga di gerbang Istana. Kepada para militer tersebut, Luis Arce meminta untuk kembali ke barak.

“Tarik semua pasukanmu Zuniga, ini perintah,” kata Arce saat berhadapan di gerbang istana presiden di La Paz.

Dalam pidato yang disampaikan Arce bersama menteri-menterinya dan disiarkan televisi nasional setelah upaya kudeta berlangsung, Arce mengecam terjadinya “mobilisasi militer tak wajar”.

Ia lantas menyatakan gerakan tersebut sebagai upaya kudeta oleh Zuniga. “Hari ini, negara ini sekali lagi menghadapi kepentingan-kepentingan yang menghendaki demokrasi di Bolivia cacat,” kata dia.

“Kami membutuhkan usaha rakyat Bolivia untuk bersatu dan bergerak melawan kudeta ini,” ucap Arce.

Zuniga baru saja dipecat pada Selasa (25/6) setelah membuat serangkaian ancaman terhadap mantan presiden Evo Morales, yang mengundurkan diri pada 2019 akibat krisis politik.

Shares: