HeadlineNews

Direktur RSUDZA Bantah Dirikan Tenda untuk Rawat Pasien Covid-19

Direktur RSUDZA Bantah Dirikan Tenda untuk Rawat Pasien Covid-19
Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah. M. Kes didampingi Direktur RSUD Zainoel Abidin, Dr. dr. Azharuddin dan Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif meresmikan ruang isolasi Pinere II untuk pasien Covid-19, Banda Aceh, Senin, 29/06/2020. Doc Humas

POPULARITAS.COM – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA), Azharuddin membantah jika ada yang menyebut, rumah sakit yang ia pimpin mendirikan tenda untuk merawat pasien Covid-19, karena ruang perawatan sudah penuh.

“Tidak benar (infor tersebut). Tenda itu sudah satu bulan ada, untuk skrining agar tidak tercampur pasien yang positif Covid-19 dengan yang tidak,” ujar Azharuddin saat dikonfirmasi, Sabtu (5/9/2020).

Namun, Azharuddin membenarkan jika ada informasi terkait daya tampung di Ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) dan Pinere RSUDZA yang hampir penuh. Saat ini, kedua ruangan itu sudah terisi sekitar 90 persen lebih.

“Iya seperti itu (RICU sudah penuh), kalau Pinere hunian ada 90-an persen,” sebut Azharuddin.

Menurut Azharuddin, penuhnya daya tampung di RSUDZA disebabkan oleh meningkatnya kasus positif Covid-19 di Aceh selama ini. Karena itu, kondisi ini menyebabkan pasien Covid-19 baru sulit mendapatkan tempat di RSUDZA.

“Pasien baru kalau kondisinya masih memungkinkan, maka dianjurkan isolasi mandiri. Setelah ada tempat yang kosong, maka akan dijemput untuk dirawat,” jelas Azharuddin.

Dalam mengatasi persoalan ini, kata Azharuddin, pihaknya dalam beberapa hari ke depan akan mengoperasikan ruang Pinere 4. Selain itu, pihaknya juga akan menggunakan IGD Pinere untuk pasien yang memiliki gejala Covid-19.

“IGD Pinere RSUDZA kita khususkan untuk pasien yang memiliki gejala Covid-19. Artinya, pasien yang menunggu hasil PCR, di mana gejalanya menjurus ke Covid-19 dan lain-lain,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari Website Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, per Sabtu, 5 September 2020 pukul 15.24 WIB, jumlah pasien positif Covid-19 di Tanah Rencong mencapai 1.944 kasus. Dari jumlah ini, 1.168 orang dalam perawatan maupun isolasi mandiri, 700 orang sudah sembuh dan 76 meninggal dunia. []

Reporter: Muhammad Fadhil
Editor: Acal

Shares: