News

Dirlantas Polda Aceh : Mohon tak gunakan mobil bak terbuka untuk takbir keliling

Dirlantas Polda Aceh : Mohon tak gunakan mobil bak terbuka untuk takbir keliling
Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. FOTO : Ditlantas Polda Aceh

POPULARITAS.COM – Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, M Iqbal Alqudusy, minta masyarakat diseluruh daerah provinsi ujung barat Sumatra tersebut, untuk tidak menggunakan mobil bak terbuka untuk takbir keliling pada idulfitri 1445 hijriyah.

Hal tersebut Ia sampaikan dalam keterangannya kepada popularitas.com, Senin (8/4/2024) di Banda Aceh. “Sangat membahayakan penumpang jika menggunakan mobil bak terbuka untuk tabiran,” katanya.

Karna itu, kita minta agar semua pihak memperhatikan hal tersebut. Sebab, beberapa kasus kecelakaan lalu lintas melibatkan mobil barang yang dijadikan angkutan manusia. “Kami mohon hal ini dijadikan catatan dan perhatian,” pintanya.

Dia mengungkapkan, jika melihat data tahun sebelumnya, sebanyak 13 orang meninggal dunia, tiga luka berat dan 47 luka ringan dalam kasus yang melibatkan mobil bak terbuka.

Polda Aceh sendiri, tambahnya, tidak ada melarang seluruh umat muslimin di Aceh untuk menggelar takbir keliling. Namun, pihaknya ingatkan masyarakat di gampong-gampong, untuk memberitahukan pihak Polsek agar nantinya diberikan pengamanan dan dijaga kelancaran lalu lintas.

“Silahkan takbir, tapi mohon beritahukan dan informasikan kepada Polsek setempat,” tandasnya.

Dia pun meminta saat menggelar takbir keliling, warga tidak membawa petasan, senjata tajam, minuman keras, dan barang berbahaya lainnya. “Mudah-mudahan kegiatan takbir tahun ini tertib, aman, dan lancar,” imbuhnya.

Shares: