News

Ketinggian gelombang laut di barat selatan Aceh capai 4 meter

Persediaan ikan di Banda Aceh menipis akibat cuaca buruk
Ilustrasi, sejumlah nelayan berada di atas kapal yang ditambatkan di pelabuhan Desa Kuala Bubon, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, akibat tingginya gelombang di laut, Senin (4/7/2022). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat nelayan dan aktivitas pelayaran di wilayah pantai barat selatan Aceh, agar mewaspadai ketinggian gelombang laut berkisar antara dua hingga empat meter.

“Penyebab tingginya gelombang laut di wilayah pantai barat dan selatan Aceh dikarenakan tingginya kecepatan angin yang berada di lapisan permukaan hingga 3.000 feet,” kata prakirawati Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Aceh, Almira Aprilianti, Rabu (5/10/2022) malam.

Sedangkan untuk prakiraan kecepatan angin permukaan hingga lapisan 3.000 feet pada tanggal 6 Oktober 2022, kata dia, dapat mencapai 2-20 knot, sehingga gelombang yang dapat terjadi bisa mencapai empat meter.

Dengan tinggi gelombang yang tergolong sedang – tinggi, ditambah dengan cuaca yang diprakirakan masih akan diguyur hujan, diprakirakan akan berdampak kepada aktivitas nelayan dan kapal laut yang akan beraktivitas.

Almira Aprilianti juga mengatakan, untuk ketinggian gelombang yang tergolong sedang – tinggi tersebut, diprakirakan masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan yaitu tanggal 8 Oktober 2022.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada nelayan dan juga kapal laut yang akan melakukan aktivitasnya, untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan gelombang tinggi yang akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

“Mungkin untuk dampak gelombang tinggi tersebut ke pasang air laut belum terlalu berpengaruh, di tambah lagi hingga dua hari ke depan belum memasuki bulan purnama,” kata dia menambahkan. (ant)

Shares: