News

Disarankan Paus Fransiskus kibarkan bendera putih, Ukraina minta Vatikan tak ulangi kesalahan masa lalu

Disarankan Paus Fransiskus kibarkan bendera putih, Ukraina minta Vatikan tak ulangi kesalahan masa lalu
Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba. ANTARA/Anadolu.

POPULARITAS.COM – Paus Fransiskus minta agar Ukraina kibarkan bendera putih dan memulai dialog dengan Rusia kemudian membangun kesepakatan perdamaian. Hal itu, disampaikan pemimpin Gereja Vatikan tersebut dalam sesi wawancara dengan media Swiss RSI.

Menanggapi ucapan Paus Fransiskus tesebut, Menlu Ukraina Dmytro Kuleba meradang dan bahkan mengecam pemimpin Vatikan tersebut dengan mengatakan agar pemimpin geraja tersebut tak mengulangi kesalahan masa lalu serta terus mendukung negaranya dalam berjuang secara adil demi nyawa mereka sendiri.

“Terkait bendera putih, kami tahu strategi Vatikan ini sejak paruh pertama abad ke-20,” kata dia, yang tampaknya mengungkit kolaborasi antara sejumlah pihak di Gereja Katolik dengan Nazi Jerman di era Perang Dunia II.

Meski demikian, Menlu Ukraina juga berterima kasih kepada Paus Fransiskus atas doa-doanya untuk perdamaian, khususnya bagi Ukraina.

“Kami juga terus berharap bahwa setelah dua tahun perang yang menghancurkan di jantung Eropa, Sri Paus berkenan melakukan kunjungan apostolik ke Ukraina untuk mendukung lebih dari sejuta umat Katolik Ukraina, lebih dari lima juta umat Katolik Yunani, seluruh umat Kristen, dan seluruh rakyat Ukraina,” kata Kuleba.

Sementara itu, sejumlah pemimpin Eropa juga mengkritik pernyataan Paus Fransiskus, termasuk keengganannya mengecam Rusia yang menyerang Ukraina lebih dari dua tahun lalu.

Shares: