Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Disbudpar gelar pelatihan pengemasan paket wisata alam di Aceh Tengah

Pembukaan pelatihan pengemasan paket wisata alam di Aceh Tengah. Foto: Disbudpar Aceh

POPULARITAS.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melalui Bidang Pengembangan Usaha Pariwisata Aceh dan Kelambagaan (PUPK) menggelar pelatihan Pengemasan Paket Wisata Alam, 8-10 Agustus 2023 di Grand Bayu Hill, Aceh Tengah.

“Kegiatan pengemasan ini dilaksanakan 2 hari secara indoor dan 1 hari secara outdoor dihadiri 25 orang peserta dari berbagai kabupaten/kota,” sebut Kasi SDM Pariwisata Aceh Nita Verawati dalam keterangannya, Selasa (8/8/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengan, Zulkarnain menyampaikan bahwa kunjungan wisatawan ke kabupaten Aceh Tengah meningkat pesat mulai tahun 2020, pada tahun 2022 jumlah wisatawan yang berkunjung tercatat mencapai 56 ribu wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

“Kunjungan dari tahun 2020 itu sudah mulai padat dan pada tahun 2021, ada 17 ribu kunjungan ke Aceh Tengah. Pada tahun 2022 mencapai 56 ribu. Inilah mungkin sebagai gambaran bahwa Aceh Tengah itu harus memfasilitasi semua sarana dan prasarananya, salah satunya mungkin pengemasan paket wisata ini,” ungkas Zulkarnain.

Kabupaten Aceh Tengah, sebut Zulkarnain sangat kaya dengan tempat-tempat wisata alam, ada 62 titik destinasi wisata dan 48 cagar budaya. Karena itu, Dinas Pariwisata Aceh tengah membuat website untuk para wisatawan agar mudah mengakses berbagai tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Zulkarnain berharap kegiatan ini dapat memiliki output yang berimbas besar pada terkenalnya produk dari paket paket wisata yang ada di kabupaten Aceh Tengah.

“Ini adalah suatu kegiatan yang positif untuk kami. Semoga kegiatan ini dapat memicu paket wisata menjadi sarana promosi keseluruh Aceh dan luar Aceh dan kalau bisa keluar negeri. Tidak hanya di Aceh Tengah saja tapi bisa dilaksanakan di kabupaten lainnya,” tutup Zulkarnain.

Shares: