Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Disbudpar ingin buktikan Aceh sebagai destinasi aman untuk berwisata

Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, didampingi Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, dan Plh. Karo Adpim Setda Aceh, Muhammad Rahmadin, saat mengikuti konvoi bersama peserta Aceh Vespa Festival 2023 yang berasal dari berbagai daerah Indonesia di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Sabtu, (29/7/2023). Foto: Humas

POPULARITAS.COM – Konvoi ribuan peserta Aceh Vespa Festival 2023 yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, pada Sabtu (29/7/2023), berlangsung semarak dan meriah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, melalui kegiatan tersebut, ia ingin membuktikan kepada masyarakat luar bahwa Aceh merupakan destinasi yang aman untuk berwisata, nyaman, Islami dan sangat layak dikunjungi oleh komunitas vespa (otomotif) dari Indonesia maupun mancanegara.

“Melalui Aceh Vespa Festival ini, kita semua bersemangat dan ingin membuktikan kepada masyarakat luar bahwa Aceh merupakan destinasi yang aman untuk berwisata, nyaman, islami dan sangat layak dikunjungi oleh komunitas vespa (otomotif) dari Indonesia maupun mancanegara,” kata Almuniza dalam keterangannya, Minggu (30/7/2023).

Di sisi lain, mantan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) itu mengatakan bahwa pihaknya merangkul atau berkolaborasi dengan komunitas vespa dari penjuru Nusantara untuk ikut mempromosikan pariwisata Aceh.

Almuniza menilai, tren pariwisata saat ini bukan lagi secara individu tourism. Melainkan sudah berbasis berkelompok, komunitas hingga keluarga. Umumnya, mereka tak ingin lagi melihat gedung-gedung pencakar langit, tetapi destinasi wisata alternatif yang unik, alami.

Untuk itu, Almuniza optimis, melalui festival ini akan berdampak positif dalam rangka mendukung industri pengembangan pariwisata berbasis komunitas. Apalagi, kali ini para pelaku usaha UMKM ekonomi kreatif (ekraf) turut memeriahkan Aceh Vespa Festival 2023.

“Kita berharap pagelaran Aceh Vespa Festival 2023 bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya. Setiap event pariwisata berbasis komunitas itu pasti memiliki dampak multiflier effect yang dihasilkan ke masyarakat,” pungkasnya.

Shares: