News

Dishub Aceh Besar intensifkan penjagaan di titik rawan saat mudik lebaran

Personel Dishub Aceh Besar bersiaga di Posko Pengamanan Arus Mudik Bundaran Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Senin (10/4/2023). Foto: Pemkab Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Jelang arus mudik Lebaran Idulfitri 1444 H, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat intensifkan penjagaan pos pengamanan.

Pengamanan itu dilakukan di beberapa titik rawan kecelakaan untuk mengatur arus lalu lintas agar lebih tertib selama lebaran.

Kepala Dishub Aceh Besar, Azhari, menyampaikan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk merencanakan antisipasi kemungkinan permasalahan yang dapat menggangu kelancaran arus lalu lintas terutama pada jalur yang berpotensi mengalami kepadatan.

“Pengamanan itu penting dilakukan karena mobilitas masyarakat saat arus mudik lebih ramai. Terutama pada malam hari dan kita bagi regu melakukan pengamanan arus mudik menjelang lebaran Idulfitri 1444 H nanti,” katanya, Senin (10/4/2023).

Pihaknya menyediakan satu unit mobil patroli dengan 7 orang personel untuk memantau situasi di Aceh Besar selama lebaran. Selain itu, pihaknya juga menempatkan para personel ke beberapa posko.

Mereka kemudian disebar ke sejumlah titik yang rawan terjadi kecelakaan. Mulai di Pos PAM Saree, Pos PAM Lhoknga, Pos Yan simpang Aneuk Galong Kecamatan Sukamakmur dan Pos Yan Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya.

“Nantinya penjagaan akan dilakukan secara bergantian,” ucap Azhari.

Lanjutnya, hingga kini kondisi lalu lintas masih cukup efektif. Bahkan per harinya Dishub Aceh Besar mengerahkan sebanyak 45 personil untuk pengamanan arus mudik.

Untuk meminimalisir kejadian kecelakaan lalu lintas, Azhari mengimbau kepada para pengendara untuk tetap berhati-hati. Dia berharap agar masyarakat selalu mengutamakan keselamatan.

“Sebab, tidak ada artinya penjagaan dan pengamanan tanpa adanya kesadaran masyarakat dalam berkendara. Yaitu dengan memperhatikan kecepatan maksimum saat berada di titik-titik keramaian dan titik-titik rawan kecelakaan. Menaati rambu-rambu lalu lintas sangat penting,” pinta Azhari.

Azhari juga mengatakan pelaksanaan kegiatan pengamanan pos arus mudik dilakukan mulai tgl 18 April hingga 1 Mei 2023 selama 14

“Kita mulai menyiagakan personil mulai sepekan menjelang lebaran Idul Fitri dan bergabung bersama tim terpadu bersama unsur TNI/ Polri serta Satpol PP dan WH,” pungkasnya.

Shares: