News

Dispora Aceh Kirim 13 Pemuda Ikut Jambore di Manado

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh mengirimkan perwakilan ke event Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang akan berlangsung pada 31 Oktober – 6 November 2019, di Manado, Sulawesi Utara.

Perwakilan dari Aceh tersebut sudah menjalani seleksi dan kini tengah mengikuti pembekalan. 13 pemuda ini merupakan 12 orang peserta dan 1 pendamping.

Kepala Dispora Aceh Dedy Yuswadi mengatakan, Jambore Pemuda Indonesia merupakan program yang menyatukan pemuda se-nusantara, yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan pemuda Indonesia.

Sehingga, kata dia kegiatan itu dapat mencegah disiintegrasi bangsa. Selain itu dengan program ini, diharapkan dapat memberikan peran terhadap pemuda dalam arti yang lebih luas, dengan memanfaatkan jambore pemuda Indonesia sebagai wahana untuk mempersiapkan calon pemimpin bangsa.

“Tujuannya untuk meningkatkan kreatifitas dan sekaligus membuka wawasan kedaerahan yang tidak terpaku pada budaya lokal dimana mereka tinggal,” katanya melalui pesan tertulis, Rabu, 30 Oktober 2019.

Menurut Dedy, pemuda adalah agen perubahan masa depan bangsa. Berbicara konteks pemuda, kata dia tidak akan ada habisnya tatanan perubahan besar yang terjadi pada bangsa ini, dan tidak terlepas dari peran pemuda yang cerdas, kritis, kreatif dan inovatif.

Sehingga ia berharap pemuda yang mewakili Aceh ini bisa bersikap santun dan religius selama jambore itu berlangsung. “Kita harapkan mereka selalu menampilkan sosok pemuda yang biasa dikenal ramah dan religious,” ujarnya. (ril)

Shares: