News

DP3A Aceh Optimalkan Pendampingan Anak Korban Kekerasan

DP3A Aceh Optimalkan Pendampingan Anak Korban Kekerasan
Kepala Dinas DP3A Aceh hadiri acara peringatan Hari Anak Nasional di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh. (ANTARA/Zubaidah)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Aceh menyatakan terus mengoptimalkan pemenuhan hak serta pendampingan anak yang menjadi korban kekerasan maupun pelecehan seksual.

“Kami terus mendampingi anak korban kekerasan dan pelecehan seksual baik dari segi hukum maupun pemulihan psikis anak tersebut,” kata Kepala DP3A Nevi Ariani di Banda Aceh, Kamis (23/7/2020) dilansir Antara.

Ia mengatakan, tim P2TP2A dan psikolog yang bertugas akan dikerahkan untuk langsung ke tempat korban baik di pusat kota maupun di daerah-daerah.

Sebagai rujukan dari seluruh kabupaten/kota, kata dia, lembaga tersebut menerima semua rujukan untuk pemulihan psikis anak mengingat masih kurangnya tenaga psikolog di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak di daerah.

“Pendampingan kami lakukan secara optimal hingga anak tersebut bisa mengatasi rasa traumanya walaupun butuh waktu yang lama,” katanya.

Ia berharap masyarakat selalu memperhatikan perkembangan anak agar kasus-kasus kekerasan dan pelecehan seksual seperti yang sudah terjadi cepat terdeteksi.

“Jika memang menemukan hal itu masyarakat bisa langsung melaporkan ke unit P2TP2A yang ada di daerah masing-masing atau kepada pihak berwajib. Kami akan mendampingi mereka baik secara hukum maupun psikologis,” katanya.[acl]

Shares: