Internasional

Dua helikopter AL Jepang jatuh saat latihan, satu tewas dan tujuh lainnya hilang

Dua helikopter AL Jepang jatuh saat latihan, satu tewas dan tujuh lainnya hilang
Ilustrasi helikopter jatuh. (Antara)

POPULARITAS.COM – Dua helikopter milik AL Jepang (MSDF) dikabarkan jatuh saat jalani sesi latihan di Samudra Pasifik. Kecelakaan tersebut, sebabkan satu orang dinyatakan tewas dan tujuh lainnya masih belum ditemukan.

Menteri Pertahanan Jepang, Minohu Kihara dalam keterangannya, Minggu (21/4/2024) mengatakan, kedua helikopter milik AL Jepang tersebut saling bertabrakan di udara. 

Kejadian tersebut, sambungnya, terjadi di 270 kilometer timur Pulau Torishima dan Pulau Izu. “Saat itu AL Jepang sedang latihan anti-kapal selam dikawasan tersebut,” katanya dikutip dari Kantor Beriya Kyodo yang dilansir laman Antara, Senin (22/4/2024).

Helikopter SH-60K, yang membawa empat kru, hilang kontak masing-masing pada 22.38 waktu setempat (20.38 WIB) dan 23.04 (21.04 WIB). MSDF sendiri menerima sinyal darurat pada 22:39 (20.39 WIB).

Dua kotak hitam penerbangan ditemukan “di lokasi yang sangat dekat,” sementara apa yang dianggap sebagai bagian dari baling-baling kedua helikopter dan puing-puing pesawat lainnya juga ditemukan selama pencarian pasca kecelakaan, kata Kihara.

Namun, penyebab kecelakaan masih belum diketahui.

Shares: