News

Dua seksi tol Sibanceh siap sambut pemudik lebaran

Dua seksi tol Sibanceh siap sambut pemudik lebaran
Ilustrasi, suasana jalan tol seksi 3 (Jantho-Indrapuri) di sore hari. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – PT Hutama Karya (Persero) menyebut seksi 5 dan 6 ruas tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) akan difungsikan untuk membantu memperlancar arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di samping tiga seksi lain yang memang sudah lama beroperasi.

“Seksi 5 dan 6 ini dibuka secara fungsional untuk memperlancar arus mudik selama lebaran ini, mulai dari Seulimuem sampai Baitussalam,” kata Kepala Cabang Tol Sibanceh Hutama Karya Totok Masyadi, dikutip dari laman Antara, Senin (10/4/2023).

Ia menjelaskan, seksi 5 dan 6 tersebut meliputi Blang Bintang – Kuta Baro (8 km) dan Kuta Baro – Baitussalam dengan jarak (5,2 km). Rencananya, seksi ini akan fungsional mulai 15-30 April 2023.

Menurut Totok, dua seksi ini belum beroperasi. Masih menunggu surat keputusan operasi jalan tol.

Untuk fungsional selama lebaran pun, kata dia, pihaknya masih menunggu surat instruksi dari Dirjen Bina Marga terkait jam operasi dan golongan kendaraan yang diizinkan menggunakan dua seksi tersebut.

“Karena biasanya fungsional itu (jam operasi) tidak 24 jam, dan juga tidak semua golongan kendaraan dibolehkan lewat, tergantung kesiapan dari masing-masing ruas yang fungsional,” katanya.

Totok menambahkan, pengguna tidak dikenakan tarif tol untuk seksi 5 dan 6 selama masa fungsional. Namun, para pengguna tetap diminta menyiapkan kartu Uang Elektronik (UE) selama menggunakan ruas tol itu, dan bertransaksi seperti biasanya.

“Tapi saldonya tidak akan terpotong, transaksi seperti umumnya di seksi tol yang operasi tetapi seksi 5 dan 6 tidak dikenakan tarif,” ujarnya.

Untuk tiga seksi yang sudah beroperasi, kaya Totok, yakni Seksi 2 Seulimuem-Jantho (6 km), seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km). Sementara seksi 1 Padang Tiji-Seuliemum (25 km) masih dalam proses pembangunan.

“Dengan fungsional seksi 5 dan 6 maka total pengoperasian tol Sigli-Banda Aceh selama mudik lebaran sekitar 49 km dari Seulimuem – Baitussalam. Maka pengguna kita minta menyiapakn saldo UE dan Bahan Bakar Minyak yang cukup karena kita belum ada rest area,” kata Totok.

Shares: