Dukung Belajar Daring, Masjid akan Dipasang Internet di Aceh Tamiang

POPULARITAS.COM – Untuk mendukung pelaksanaan Pembelajaran Jarah Jauh (PJJ) di Aceh Tamiang. Pemerintah akan memasang jaringan internet di masjid atau mushala di setiap kampung.

Selain untuk memenuhi kebutuhan siswa belajar daring, juga untuk pelaksanaan program magrib mengaji di Aceh Tamiang.

Demikian dikatakan Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang tentang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, Senin (24/8/2020) di Aula Setdakab setempat.

Katanya, program ini dilaksanakan untuk menjawab keluhan orang tua siswa selama ini kendala jaringan internet untuk belajar daring. Selama pandemi, telah berdampak pada pendidikan tidak dapat belajar seperti biasa dengan cara tatap muka.

“Kondisi zona di Aceh Tamiang tidak memungkinkan kita untuk melakukan sekolah tatap muka, karena itu bagaimana mengarahkan untuk mempermudah proses belajar siswa secara daring,” kata H.Mursil.

Bupati Mursil dalam pertemuan itu menyampaikan, untuk bisa tercapainya program tersebut nantinya akses internet yang ada di kantor Datok Penghulu akan dipindahkan atau ditambahkan ke masjid dan surau-surau untuk dialihfungsikan memfasilitasi pembelajaran jarak jauh.

“Fasilitas pendukung yang dibutuhkan ialah penggunaan akses internet, selama ini banyak keluhan orangtua tidak semuanya memiliki kemampuan untuk selalu membeli quota internet,” ujar Mursil.

Selain itu, sebutnya, dipasang internet di rumah ibadah sekaligus untuk menjalankan program magrib mengaji. Anak-anak yang sedang belajar daring juga dapat diarahkan untuk salat berjamah, baik asar maupun magrib.

“Anak–anak atau orangtua yang mendampingi anaknya di masjid bisa menggunakan akses internet gratis ini untuk melakukan aktivitas belajar anak secara daring,” harap Mursil.[]

Reporter: Yusri
Editor: Acal

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.