NewsSepakbola

Elemen suporter Indonesia sepakat menjaga netralitas

Elemen suporter Indonesia sepakat menjaga netralitas. Foto: Liga 2

POPULARITAS.COM – Menjelang Pemilihan Umum yang akan berlangsung sepekan lagi yakni 14 Februari 2024, pertarungan memperebutkan suara rakyat semakin kencang. Sepak bola sebagai olahraga terpopuler di tanah air pun turut menjadi komoditas yang coba dimanfaatkan oleh para kontestan politik.

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Pada 1 Februari lalu, melansir sejumlah media nasonal, tim sukses salah satu paslon akan menghadirkan empat elemen suporter sepak bola terbesar di tanah air seperti Jakmania, Bobotoh, Bonek, dan Aremania.

Keempat elemen suporter ini diberitakan akan menghadiri kampanye akbar salah satu pasangan capres-cawapres yang akan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) pada 10 Februari 2024 mendatang.

Kabar ini mendapat respon dari elemen suporter bersangkutan. Salah satunya kelompok suporter Persija.

“Jakmania tidak terlibat kegiatan politik yang digagas pasangan mana pun. Jakmania yang ingin mendukung paslon capres, tidak diperkenankan membawa atribut Jakmania atau Jakmania itu sendiri,” tegas Ketua Umum Jakmania, Diky Soemarno, seperti tertulis dalam akun Jakmania, Kamis (8/2/2024).

Hal senada diungkapkan kelompok suporter pendukung Persib, Bobotoh. “Bomber Pusat tidak berpihak kepada pasangan mana pun. Dalam hal dukung mendukung, Bomber hanya mendukung tim Persib Bandung dan timnas sepak bola Indonesia,” demikian pernyataan Mabes Bomber dalam rilis resminya.

Sebagai warga negara, siapa pun memang berhak mendukung calon pasangan capres-cawapres dalam kontestasi Pemilu 2024. Hanya saja, sebaiknya dukungan diberikan sebagai individu, dan tidak membawa embel-embel elemen suporter tertentu demi menjaga netralitas olahraga, khususnya sepak bola.

Shares: