News

Empat Dokter di Pidie Sembuh dari Covid-19

Satgas: Pemberian Vaksin Massal di Inggris 'Tak akan Terjadi'
Ilustrasi - Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)

POPULARITAS.COM – Empat tenaga medis RSU Tgk Chik Ditiro Sigli, yang sempat positif COVID-19 kini dilaporkan sudah sembuh dari virus corona.

Sebelumnya empat tenaga medis, tiga dokter spesialis satu dokter umum itu dilaporkan positif terinfeksi COVID-19 berdasarkan hasil uji swab Polymerase Chain Reaction (PCR) laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh yang diterima pihak RS Tgk Chik Ditiro pada Selasa 11 Agustus 2020.

Kini, setelah menjalani isolasi serta perawatan, keempat dokter di rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Pidie itu, sudah terbebas dari virus corona.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, dr Dwi Widjaya mengatakan, usai dinyatakan sembuh, dalam waktu dekat keempat staf medis tersebut akan segara kembali beraktifitas.

“Sehat dan baik sampai saat ini. Dan akan segera aktif kembali,” kata dr Dwi Widjaya kepada popularitas.com, Sabtu (22/8/2020).

Dalam menyatakan seseorang sembuh dari COVID-19, pihaknya merujuk pada Juknis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, revisi 5 Tentang Kriteria pasien sembuh.

“Kriteria sembuh, kita mengikuti pedoman penanganan COVID dari Kemkes rev 5, jadi tdk harus pemeriksaan swab menjadi negatif baru dikatakan sembuh,” jelasnya.

Dimana terhadap pasein tanpa gejala, gejala ringan maupun sedang, dilakukan pemantauan selama masa isolasi mandiri, sejak pengambilan swab.

Jika usai dilakukan pemantauan selama isolasi mandiri, dari pasien tidak muncul gejala demam atau gangguan pernafasan, maka kasus terkonfirmasi positif tersebut dinyatakan sembuh.

Lanjut Dwi, namun begitu, pihak RSU Tgk Chik Ditiro dalam hal ini tetap berkodinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie.[]

Reporter: Nurzahri
Editor: Acal

Shares: