Teknologi

Empat ilmuan dunia raih anugerah Shaw Prize, dapat hadiah Rp19,2 miliar

Empat ilmuan dunia raih anugerah Shaw Prize, dapat hadiah Rp19,2 miliar

POPULARITAS.COM – Empat ilmuan dari sejumlah negara, raih anugerah Shaw Prize atas temuan mereka. Kepada keempatnya, masing-masing diganjar hadiah senilai Rp19,2 miliar.

Pengumuman para pemenang disampaikan oleh Shaw Prize Foundation, Selasa (21/5/2024) di Hongkong, China, dikutip dari laman Xinhuanews.

Penghargaan Shaw Prize untuk kategori Astronomi diberikan kepada Shrinivas R Kulkarni, Profesor George Ellery Hale Astronomi dan Ilmu Planet Institut Teknologi California, untuk penemuannya tentang pulsar milidetik (millisecond pulsars), semburan sinar gama (gamma-ray bursts), supernova, dan objek-objek astronomi variabel atau transien lainnya.

Penghargaan di kategori Ilmu Hayati dan Obat-obatan diberikan dengan pembagian yang setara kepada Swee Lay Thein dari National Institutes of Health di Amerika Serikat dan Stuart Orkin dari Harvard Medical School atas penemuan mereka, yaitu mekanisme genetik dan molekuler yang mendasari peralihan hemoglobin dari janin ke orang dewasa, yang memudahkan pengobatan penyakit darah mematikan yang menjangkiti jutaan orang di seluruh dunia.

Penghargaan untuk kategori Ilmu Matematika diberikan kepada Peter Sarnak, Profesor Eugene Higgins Matematika Universitas Princeton, atas pengembangan teori aritmetika thin groups dan affine sieve dengan menyatukan teori bilangan, analisis, kombinatorika, dinamika, geometri, dan teori spektral.

Penyerahan hadiah nantinya akan disampaikan pada puncak Anugerah Shaw Prize Awards di Hongkong pada 12 November 2024.

Shares: